Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

[CP+ 2016] Dua Kamera Mirrorless Baru Sigma; sd Quattro & sd Quattro H

Walaupun lebih dikenal sebagai produsen lensa, Sigma juga memiliki lini kamera buatannya dengan sensor Foveon. Kini mereka mengumumkan kehadiran dua kamera mirrorless terbarunya; Sigma sd Quattro dan sd Quattro H.

Desain di luar pakem
Begitu melihat tampilan fisiknya, Anda pasti langsung melihat betapa dua kamera baru ini dirancang dengan konsep yang berbeda. Desainnya terkesan futuristik dengan desain yang tidak mirip seperti kamera mirrorless kebanyakan, terutama di bagian belakang. Desainnya ini meneruskan konsep yang dimiliki Sigma dp Quattro.

Selain memiliki ketahanan ekstra terhadap air dan debu, bodi dua kamera ini terbuat dari magnesium alloy yang kuat. Ini berarti Anda bisa menggunakannya dalam kondisi yang cukup ekstrim. Kamera ini juga memiliki viewfinder elektronik 2,3 megapixel yang tajam.

Teknologi inovatif
Keunikan lain yang dimiliki dua kamera ini terletak pada sensor Foveon yang memiliki teknologi berbeda dengan sensor Bayer. Yang membedakan antara keduanya; sd Quattro menggunakan sensor Foveon APS-C 19 megapixel sementara sd Quattro H dibekali sensor Foveon APS-H 25 megapixel.

sigma sd quattro kit

Sigma mengklaim teknologi sensornya ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi setara 51 megapixel jika dibandingkan dengan sensor berbasis Bayer yang ada di hampir semua kamera DSLR di pasaran. Bahkan sensor APS-C Sigma juga memiliki ukuran fisik sekitar 30% lebih besar dibandingkan sensor APS-C konvensional.

Dua kamera Sigma ini telah dilengkapi sistem fokus Phase Detection di sensornya dan Contrast Detection untuk akurasi fokus lebih baik. Setting fokusnya juga memiliki beberapa setting tambahan seperti Movement Prediction, Face Detection, Free Movement, Focus Peaking, dan sebagainya.

Fitur paling menarik adalah mode “Super-Fine Detail” yang dapat menangkap 7 expsoure berbeda dalam satu foto dan menggabungkannya untuk dynamic range yang amat luas.

Belum ada informasi ketersediaan dan harga keduanya di Indonesia.

[table]Spesifikasi;Sigma sd Quattro;Sigma sd Quattro H
Sensor;29 megpaixel Foveon X3 direct image sensor(CMOS),44,8 megapixel Foveon X3 direct image sensor(CMOS)
Ukuran sensor;23.5×15.5mm;26.6×17.9mm
Mount lensa;SIGMA SA bayonet mount;SIGMA SA bayonet mount
Viewfinder;Electronic viewfinder (2,360,000 pixel);Electronic viewfinder (2,360,000 pixel)
Layar;TFT 3 inci (1,62 juta pixel);TFT 3 inci (1,62 juta pixel)
Kecepatan rana;1/4000 – 30 detik, Bulb (maksimum 2 menit);1/4000 – 30 detik, Bulb (maksimum 2 menit)
Dimensi;147mm (W) × 95.1mm (H) × 90.8mm (D);147mm (W) × 95.1mm (H) × 90.8mm (D)
[/table]
Back to top button