Quantcast
News

[MWC 2016] Mastercard Bakal Terapkan Pembayaran Transaksi Online dengan Foto Selfie

Dalam mengantisipasi kejahatan pencurian kartu kredit, Mastercard memperkenalkan sebuah teknologi transaksi perbankan yang terbilang unik. Memanfaatkan fitur kamera smartphone yang kian canggih, fitur ini diyakini lebih aman dibandingkan transaksi konvensional.

foto: NBCNews.com
foto: NBCNews.com

Hal ini terungkap di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, Kamis (25/2/2016), di mana perusahaan kartu kredit ini memperkenalkan fitur yang dijuluki “selfie pay” sebagai sistem verifikasi terbaru. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna kartu kredit melakukan verifikasi transaksi online yang dilakukan dengan foto wajahnya.

Untuk melakukan sistem pembayaran seperti ini, pemegang kartu kredit Mastercard harus menginstal aplikasinya di tablet atau smartphone yang digunakan. Selain itu, terdapat pula fitur otentifikasi dengan menggunakan sidik jari yang ditempelkan pada sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang ada pada perangkat.

Sebagai keamanan tambahan, Mastercard mengharuskan pemegang kartu kredit untuk mengedipkan mata ketika melakukan verifikasi untuk meyakinkan bahwa materi selfie yang digunakan berasal dari wajah pemilik bukan foto. Untuk menghadirkan teknologi ini, telah dilibatkan algoritma yang bisa mendeteksi apakah foto yang digunakan pernah ditampilkan sebelumnya atau tidak.

Rencananya, fitur “selfie pay” ini akan segera diluncurkan ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan negara Eropa lainnya. Tentunya belum semua merchant bisa menerapkan transaksi online seperti ini dalam waktu dekat. Menurut Anda, apakah fitur otentifikasi dengan foto selfie membuat transaksi online lebih aman?

Back to top button