Quantcast
AplikasiNewsTipsWeb Service

4 ‘Jebakan Batman’ yang Siap Menjerumuskan Penonton Video Streaming di Situs Ilegal

Sebelum Netflix masuk ke Indonesia dan memberikan masa percobaan gratis selama 1 bulan (ditambah 1 bulan lagi), banyak situs-situs ilegal yang menawarkan konten film gratisan untuk di-streaming. Ketika trial tersebut berakhir, apakah ini tandanya harus beralih ke situs-situs tersebut?

streaming-mediaMemang saat ini pemerintah melalui Depkominfo telah memblokir beberapa situs ilegal yang menyediakan layanan video streaming secara gratis. Cuma bukan berarti situs-situs tersebut tidak bermutasi jadi domain baru untuk mengelabui pemblokiran tersebut.

Nah, ketika Anda memutuskan untuk hanya mau menikmati film secara streaming dari situs-situs tersebut, sebaiknya persiapkan diri Anda menghadapi konsekuensi berikut ini:

1. Serbuan iklan yang mengganggu

foto: outsourcelocally.com

Seperti halnya YouTube, situs-situs streaming gratisan ilegal juga menarik iklan untuk setiap film yang diputar. Bedanya, iklan yang mereka hadirkan tidak beraturan dan bahkan sangat mengganggu karena terkadang muncul setiap durasi tertentu. Tidak cuma berupa pop-up, iklan-iklan itu juga memberikan Anda banyak ‘jebakan Batman’ yang akan mengeksploitasi Anda demi keuntungan semata.

Yang lebih berbahaya lagi, kemungkinan besar dari iklan-iklan tersebut disisipi virus atau malware yang siap merusak komputer bahkan mencuri identitas Anda. Jadi, Anda harus berhati-hati akan serbuan iklan ini.

2. Kualitas jelek

foto: oggtv.com

Memang ada beberapa situs yang memberikan film hingga kualitas full HD untuk streaming, tapi itupun tidak banyak. Kebanyakan film-film yang dijajakan pada situs jenis ini berkualitas rendah. Tidak cuma suara dan gambar saja, bahkan beberapa teks terjemahan yang dihadirkan juga berantakan.

3. Tidak ada film baru

foto: craveonline.com

Jika ingin menonton film terbaru, sudah tentu bioskop tempatnya. Anda jangan terlalu banyak berharap akan ada film-film terbaru yang sedang diputar di bioskop saat ini,  seperti Deadpool, Star Wars VII: The Force Awaken, dan The Finest Hours akan muncul di situs-situs penyedia layanan streaming ilegal.

Sekalipun ada, percayalah, gambarnya tidak akan sebaik itu karena memang film-film tersebut belum merilis versi DVD atau BluRay. Yang ada, Anda hanya dijejali gambar yang diambil secara diam-diam dengan camcorder dari layar sebuah bioskop. Hello, apakah kita sedang berada di zaman VCD?

4. Rentan kejahatan

Credit Cards Merithew
foto: wired.com

Sekalipun gratis, ada beberapa situs streaming ilegal yang meminta nomor kartu kredit Anda dengan alasan ingin memverifikasi identitas. Jika Anda bertemu dengan hal ini, sebaiknya jangan dituruti. Karena mereka akan mencuri data pribadi Anda dan menjual nomor kartu kredit Anda ke black market. Niat hati ingin untung karena nonton film gratisan, Anda malah ‘buntung’ karena tagihan kartu kredit yang menggila.

Back to top button