Quantcast
Audio VideoEars In HeavenMobile GadgetReview

Review V-Moda Crossfade Wireless

V-MODA memang masih termasuk pemain baru (sekitar 10 tahun), buah kerja dari Val Kolton, seorang DJ, Produser, dan juga Entrepreneur. Sudah cukup banyak model yang dirilis oleh V-MODA dan yang terbaru adalah V-MODA Crossfade Wireless.

Desain Kokoh dan Nyaman
Kesan pertama melihat headphone ini adalah kokoh dan tangguh. Bagi yang sudah mengenal produk V-MODA pastinya bisa menemukan ciri kokoh dan tangguh ini di semua produknya. Tampaknya keunikan inilah yang ingin ditonjolkan oleh Val Kolton, perancangnya.

8-XFW_landing_packaging_white_1200x600_02

Urusan kenyamanan pun patut mendapatkan pujian. Desain bantalan dan headband yang lumayan empuk ternyata juga ergonomis. Desain over-the-ear juga tidak menekan telinga dan membuat headphone ini masih nyaman digunakan dalam jangka panjang. Pengaturan volume juga dapat dilakukan dengan cepat, berkat adanya tombol volume di bagian atas lempengan yang menempel di headband. Jika ingin menghemat baterai, Anda juga bisa mengubahnya menjadi headphone biasa dengan menyambungkan kabel audio yang telah disertakan di paketnya.

3-XFW_flying_4_colors_1200x600

Bagi yang ingin tampil beda, headphone ini juga punya “shield” alias lempengan pelindung yang bisa diganti sesuai selera. Desainnya sendiri cukup unik dengan permukaan yang bervariasi. Ini merupakan fitur yang jarang ditemukan di headphone lain.

Lebih Praktis dengan Wireless
Tidak banyak orang yang menggunakan headphone wireless. Biasanya salah satu alasannya adalah kualitas suara yang kurang maksimal. Namun sepertinya V-MODA ingin menghapus stigma tersebut dengan Crossfade Wireless. Headphone wireless ini diklaim bisa bersuara sama baiknya, pada model wireless maupun wired biasa. Dengan kata lain, inilah Crossfade M-100 dengan koneksi wireless. Untuk Anda yang belum tahu, Crossfade M-100 adalah salah satu headphone keluaran V-MODA yang cukup populer (namun bukan headphone wireless).

2-XFW_landing_phantom_chrome_ledge_1200x600

Dengan koneksi Bluetooth, headphone ini bisa dinikmati secara wireless sampai jarak sekitar 10 meter. Baterai-nya diklaim bisa bertahan selama 12 jam dan proses isi ulang menggunakan interface USB. Pairing ke device wireless bisa mendukung sampai 2 perangkat. Kami mengujinya dengan dua perangkat Smartphone berbasis Windows (Nokia Lumia 930) dan Android (Lenovo Vibe X2). Proses pairing bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Untuk pengguna yang menginginkan koneksi kabel biasa, cukup pasang kabel yang tersedia (menggunakan jack 3.5 mm). Saat kabel terpasang, maka otomatis mode Bluetooth akan non-aktif dan berpindah ke mode kabel biasa, layaknya headphone lain pada umumnya.

Kualitas Suara Tidak Seperti Headphone Wireless
v-moda crossfade wirelessUntuk kualitas suara secara keseluruhan, V-MODA Crossfade Wireless ini terbilang cukup balance. Nada rendah bisa tersalur dengan baik di volume rendah maupun tinggi. Hentakan bass tergolong cukup mantap, namun tidak sampai berlebihan. Nada tinggi juga disalurkan dengan baik, termasuk sopan dan tidak terlalu agresif. Detail suara termasuk lebih dari cukup untuk musik pada umumnya, namun akan sedikit kurang pada rekaman audiophile yang kadang membutuhkan perangkat dengan detail ekstra.

Pujian layak diacungkan untuk separasi dan staging dari headphone ini yang menurut kami termasuk sangat baik. Sound stage terasa lebar dan separasi antar instrument dan penyanyi pun terasa jelas.

Untuk musik yang ‘kekinian’, rasanya headphone ini boleh sangat direkomendasikan. Fungsi wireless yang dimilikinya pun patut mendapatkan acungan jempol. Kualitas suaranya tidak mengalami perubahan yang signifikan, bahkan di beberapa kasus kadang suara disajikan lebih pas dengan koneksi wireless (kemungkinan karena settingan wireless dan amplifier-nya sudah pas). Hanya pada mode wireless akan terdengar sedikit hiss saat tidak ada musik, namun dengan segera akan tertutup saat musik mulai mengalun. Jika kamu punya DAC dan headphone amplifier yang lebih mumpuni, mungkin koneksi wired/kabel akan menghasilkan suara yang lebih baik.

Kesimpulan
XFW-portable-case_03Kualitas suara, desain keren yang bisa disesuaikan kepribadian, serta koneksi wireless menjadi andalan headphone terbaru V-Moda ini. Namun dengan harga 5 juta rupiah, V-Moda Crossfade Wireless memang tidak ditujukan bagi semua orang. Apalagi dengan desainnya yang cukup besar.

Dalam paket pembelian, Anda akan mendapatkan case eksklusif yang memang dirancang khusus untuk headphone ini. Lalu bagaimana kesimpulan kami? Bagi yang menginginkan headphone wireless dengan kualitas rancang bangun dan desain berkualitas tinggi, ditambah kualitas suara yang baik, maka V-MODA Crossfade Wireless ini layak dilirik..

Yang Canggih:
+ Kualitas suara amat baik, dengan bass yang solid dan treble yang cukup terbuka
+ Kualitas rancang bangun sangat baik dan kuat
+ Desain ergonomis, nyaman digunakan
+ Tidak ada penurunan kualitas suara yang signifikan di mode wireless

Yang Kurang:
– Harga cukup premium
– Desain agak besar bagi sebagian pengguna
– Sedikit noise terdengar di mode wireless saat tidak ada musik

[table]Spesifikasi;V-Moda Wireless
Tipe;Over-Ear Bluetooth Wireless Headphone
Frequency Response; “5 – 30,000Hz”
Wired Latency;0ms
Bluetooth; Low-Power CSR BlueCore dengan fitur Hi-Fi ACC+, ACC, MP3, SBC codec dan OTA Flash ROM yang bisa ditingkatkan
Baterai; Mencapai 12 jam untuk memutar musik (tergantung volume atau musik)
Sensitivitas;107 dB @ 1kHz 1mW
Sensitivitas mikrofon;42dB @ 1kHz
Impedance;30 Ohm
Bobot;292g (dengan aluminum shield standar)
[/table]
Back to top button