Quantcast
News

[IFA 2015] Sony Xperia Z5 Premium: Smartphone Pertama di Dunia dengan Layar 4K

Kualitas layar merupakan hal penting dalam sebuah smartphone, mulai dari teknologi panel, pemrosesan gambar, hingga resolusinya. Sebagai salah satu produsen yang paham betul mengenai teknologi tampilan, Sony memperkenalkan Xperia Z5 Premium. Inilah smartphone pertama di dunia yang telah memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi 4K (3860 x 2160 pixel).

Xperia_Z5_Premium_colour_range

Layar 4K pertama untuk smartphone
Ini berarti layar Xperia Z5 Premium akan memiliki kerapatan pixel hingga 806 ppi, atau sekitar dua kali lebih rapat dibandingkan layar iPhone 6 Plus yang memiliki kerapatan 401 ppi. Selain dapat menampilkan video 4K tanpa ekstrapolasi, layar tersebut juga memungkinkan Anda menampilkan foto 8 megapixel secara utuh. Sony juga menyelipkan teknologi Triluminous untuk warna yang lebih akurat dan kontras yang lebih baik.

Spesifikasi mumpuni
Dengan layar 4K, artinya dibutuhkan juga performa yang tinggi. Sony Xperia Z5 Premium akan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 810 dan RAM 3GB. Memori internal 32GB miliknya juga dapat ditingkatkan dengan kartu memori microSD yang mendukung hingga kapasitas 200GB.

Xperia Z5 Premium juga telah dilengkapi sensor sidik jari pada tombol dayanya. Selain berguna untuk mengaktifkan ponsel, sensor ini juga dapat digunakan sebagai pembayaran di layanan yang sudah didukungnya.

Nantinya, ponsel ini akan hadir dalam varian warna hitam, chrome silver, dan gold. Mengingat ini adalah seri Z, Z5 Premium juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang menjadikannya tahan air dan tahan debu.

XperiaZ5_Premium_black_chrome_gold

Kamera lebih baik
Kualitas kamera juga mendapatkan perhatian khusus. Kamera Z5 Premium yang mengusung sensor Exmor RS 23 megapixel ini juga memiliki kinerja yang cepat. Bahkan menurut Sony, kamera Z5 Premium dapat mengunci fokus lebih cepat dari manusia mengedipkan mata, hanya sekitar 0,03 detik. Sensor yang baru ini juga menjanjikan kualitas foto malam hari yang lebih jernih.

Kebutuhan selfie akan dipenuhi oleh kamera depan dengan sensor Exmor R 5 megapixel dan lensa 25mm yang lebar. Kamera depannya juga mampu merekam video Full HD. Bicara soal video, kamera utama Z5 Premium akan dapat merekam video 4K yang lebih halus. Ini tentunya berkat fitur SteadyShot dan Intelligent Active Mode yang membantu mengurangi efek guncangan tangan saat merekam video sehingga hasilnya lebih baik.

Performa audio juga diperhatikan dengan adanya fitur High-res Audio untuk kualitas suara seperti di studio. Juga ada fitur DSEE HX yang dapat meningkatkan kualitas audio menjadi mirip seperti audio High-Res. Untuk pengalaman terbaik, Anda harus menggunakan headset yang mendukung audio High-res seperti Sony MDR-NC750.

Menurut Sony, Xperia Z5 Premium akan diluncurkan secara global mulai bulan November 2015 dalam dua versi yaitu Dual SIM dan single SIM. Harganya juga belum ditentukan, walaupun menurut prediksi kami, Z5 Premium akan dijual di kisaran 10 juta rupiah. Setuju?

[table]Spesifikasi;Sony Xperia Z5 Premium
Chipset;Qualcomm Snapdragon 810
RAM;3GB
Memori;Internal 32GB + slot microSD (hingga 200GB)
Layar;5,5 inci 4K (3860 x 2160 pixel) Triluminous
Kamera utama;23 megapixel dengan autofocus & LED flash
Kamera depan;5 megapixel dengan lensa 25mm
Video;2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR
Konektivitas; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, GPS, NFC
Baterai;3430 mAh
[/table]
Back to top button