Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-on] Kesan Pertama Mencoba Samsung Galaxy Note 5

Kehadiran phablet, smartphone dengan layar besar di atas 5 inci, merupakan bukti inovasi Samsung yang pertama kali mengeluarkan Samsung Galaxy Note di ajang IFA tahun 2011 di Berlin. Saat itu, smartphone dengan layar yang nyaris mendekati tablet memang belum ada. Maka tidak heran Galaxy Note diprediksi akan gagal di pasaran. Tidak disangka-sangka, konsumen ternyata menyukai produk jenis ini dan muncullah ratusan jenis produk dengan konsep serupa.

Namun tetap ada satu hal yang menjadi pembeda, sekaligus keunggulan, seri Galaxy Note dari Samsung. Adanya pena stylus yang didukung sederetan aplikasi khusus untuk S-Pen tersebut sukses membuat Galaxy Note merengkuh pengikut setia.

samsung galaxy note 5

Untuk tahun 2015, Samsung memperkenalkan Galaxy Note 5. YANGCANGGIH.COM kebetulan diundang sebagai salah satu media pertama di Indonesia yang mencicipi kecanggihannya.

Desain unibody yang lebih ramping
Perubahan tampilan fisik amat kentara pada Note 5. Jika Note 4 mengadopsi desain dengan tutup baterai plastik bertekstur yang bisa dibuka dengan tambahan slot microSD, maka Galaxy Note 5 lebih memilih desain unibody dari logam.

samsung galaxy note 5 ramping

Keuntungannya, Galaxy Note 5 tampil lebih ramping dan lebih ringan dibandingkan Galaxy Note 4. Bezel atau bingkai layar yang lebih kecil membuatnya lebih mudah digenggam.

samsung galaxy note 5 dan s-pen

Secara konsep, desain Note 5 mengadopsi desain Galaxy S6 yang lebih dinamis. Bodi samping di bagian belakang dibuat melengkung sehingga pas mengikuti bentuk telapak tangan saat digenggam.

Saat mencobanya secara singkat, Galaxy Note 5 memang nyaman digenggam. Hanya saja, bagian belakangnya terasa licin sehingga mudah terlepas jika tangan agak basah.

S-Pen lebih canggih
samsung galaxy note 5 s-pen

Pena stylus yang menjadi andalan seri Galaxy Note juga mengalami peningkatan. Dengan mekanisme magnet untuk mengeluarkannya, S-Pen kini akan lebih susah hilang karena tidak akan jatuh secara tidak sengaja saat pena keluar sebagian. Ada bunyi “klik” saat S-Pen dikeluarkan dan dikembalikan ke tempatnya.

samsung galaxy note 5 off screen

Sensitivitas pena terhadap layar juga lebih baik sehingga Anda bisa menulis dengan lebih lancar dengannya. Ada fitur baru yang amat berguna yaitu Off-Screen Memo. Dengan fitur ini, Anda bisa langsung menulis di layar walaupun dalam kondisi terkunci. Nantinya catatan tersebut akan dapat disimpan sebagai S-Note.

samsung galaxy note 5 air command

Fitur Air Command pada Note 4, yang menampilkan kumpulan fungsi dan aplikasi saat pena dilayangkan di atas layar, kini lebih canggih. Anda tidak lagi dibatasi fungsi yang telah ditentukan, tapi bisa mengatur aplikasi atau fungsi apa yang ingin ditampilkan saat S-Pen keluar dari tempatnya. Kemudian tersedia juga ikon untuk menampilkan deretan aplikasi favorit tersebut.

Kamera menawan
Kami menganugerahi Samsung Galaxy Note 4 sebagai ponsel kamera terbaik di tahun 2014, dan ternyata anugerah tersebut berpotensi disabet oleh Galaxy Note 5. Pengoperasian kamera yang responsif, ditunjang fungsi pengaturan manual yang kini mendukung pengaturan shutter speed dan penyimpanan file RAW, menjadikannya kamera smartphone Android paling gegas saat ini.

samsung galaxy note 5 pro mode camera

Kamera utama Note 5 yang dibekali sensor 16 megapixel mampu menghasilkan foto menawan. Sesi ujicoba singkat Note 5 yang diadakan malam hari di kamar hotel di bilangan Jakarta ini memaksa saya hanya dapat mencoba kameranya dalam kondisi low-light. Dan ternyata hasilnya memuaskan. Noise memang terlihat tapi terkendali dan tidak terlalu mengganggu detail, kecuali jika Anda memelototi hasil fotonya di layar komputer.

Berikut hasil foto Galaxy Note 5 tanpa editing. Hasil foto Note 5 dengan setting outdoor diambil oleh Lucky Sebastian, kontributor ahli YANGCANGGIH.COM dan pendiri komunitas gadget terbesar di Indonesia, Gadtorade.

Kesimpulan awal
Karena waktu mencoba sangat singkat, kurang dari 1 jam, dan harus berbagi dengan media lain, kami tidak terlalu banyak mencoba Note 5 dari sisi kecepatan. Namun dengan RAM 4GB dan prosesor yang sama seperti Galaxy S6 edge, sepertinya performa tidak akan menjadi masalah.

Dengan konsep desain barunya, Galaxy Note 5 memang akan mendapatkan kritikan, terutama dari pengguna yang tidak bisa lepas dari baterai dan kartu memori tambahan. Untuk baterai, Samsung telah menyediakan solusi berupa pengisian baterai (baik dengan kabel maupun nirkabel) yang cepat. Sedangkan bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih, dapat memanfaatkan layanan penyimpanan Cloud atau USB OTG. Namun tidak dapat disangkal, dari sisi estetika, desain barunya ini memang lebih mewah dan lebih menawan.

Walaupun tidak mengemas banyak peningkatan yang langsung terlihat, Samsung Galaxy Note 5 tetap akan menjadi smartphone paling canggih di tahun ini.

Back to top button