Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Sony Umumkan Xperia C5 Ultra dan Xperia M5

Kembali membidik segmen kelas menengah, Sony Mobile meluncurkan dua ponsel terbarunya yaitu Xperia C5 Ultra dan Xperia M5.

Sony Xperia C5 Ultra
Xperia C5 Ultra hadir dengan layar IPS 6 inci Full HD yang memiliki bingkai layar amat tipis. Ini menjadikannya terlihat lebih langsing walaupun memiliki ukuran layar di atas rata-rata.

Sony Xperia C5 Ultra

Performanya termasuk cukup baik, dengan bekal chipset MediaTek MT6752, prosesor octa-core 1,7GHz, dan RAM 2GB. Untuk penyimpanan data, terdapat memori internal 16GB dan slot microSD. Ponsel LTE ini juga telah dibekali baterai 2930mAh dan OS Android 5.0.

Sony menjuluki C5 Ultra sebagai smartphone PROselfie, dibuktikan dengan adanya kamera 13 megapixel di depan dan belakang. Untuk mengoptimalkan pengambilan foto selfie, C5 Ultra telah dibekali lensa 22mm yang lebar sehingga memuat lebih banyak subyek dan Selfie Flash untuk pengambilan selfie di kondisi gelap.

Sony Xperia M5
Sedangkan Xperia M5 hadir sebagai ponsel kelas menengah yang superior. Setidaknya itu yang diklaim Sony. Garis desainnya sendiri masih menggunakan konsep desain OmniBalance dengan logam di sisi-sisinya dan kaca di depan dan belakang. Desain Xperia M5 juga tahan air dan tahan debu dengan sertifikasi IP65 & IP68. Ini berarti Anda dapat langsung mencucinya dengan air jika ponsel kotor.

Sony XPeria M5_white

Sekelas di atas C5 Ultra, M5 menggunakan prosesor MediaTek Helio X10 dengan RAM 3GB. Untuk penyimpanan data, M5 juga dibekali memori internal 16GB yang bisa ditingkatkan dengan microSD. Untuk layar, ponsel ini mengandalkan layar IPS Full HD 5 inci dengan teknologi Mobile BRAVIA Engine 2.

Keunggulan lain dari M5 terletak pada kamera depannya. Jika ponsel kelas menengah lain masih terbatas menggunakan kamera 5 atau 8 megapixel, maka M5 tampil percaya diri dengan kamera depan 13 megapixel. Sedangkan untuk kamera belakang, M5 akan mengandalkan kamera 21,5 megapixel. Xperia M5 juga dapat merekam video 4K dengan kamera belakang dan video Full HD dengan kamera depan.

Walaupun megapixel tidak dapat dijadikan sebagai patokan untuk menilai kualitas sebuah kamera, kedua ponsel ini dapat menjadi indikasi betapa pabrikan smartphone mulai memprioritaskan kamera depan yang memang lebih sering digunakan bagi para penggemar selfie.

Sony Xperia C5 Ultra dan M5 akan tersedia dalam versi Dual SIM mulai akhir Agustus 2015. Menilik harga tipe sebelumnya, kami prediksi keduanya akan ada di kisaran 4-5 juta rupiah.

[table]Spesifikasi;Sony Xperia C5 Ultra;Sony Xperia M5
Prosesor;Octa-core (MediaTek) 1,7GHz;MediaTek Helio X10
RAM;2GB;3GB
Layar;IPS 6 inci Full HD (1920 x 1080 pixel);IPS 5 inci Full HD (1920 x 1080 pixel)
Memori;internal 16GB + slot microSD;internal 16GB + slot microSD
Kamera depan;13 megapixel dengan autofocus;13 megapixel dengan autofocus
Kamera utama;13 megapixel;21 megapixel
Baterai;2930mAh;2600mAh
Android;5.0 Lollipop;5.0 Lollipop
[/table]
Back to top button