Quantcast
KomputerLaptopReview

Hands-on Review: Dell Alienware 13

Bermain game PC di laptop ternyata semakin diminati. Maka tidak heran jika kita akan lebih sering melihat notebook yang dirancang untuk keperluan gaming. Salah satu notebook gaming yang kondang adalah Dell ALIENWARE 13.

Desain mewah dengan keyboard canggih
Dengan mengusung layar 13,3 inci, Alienware 13 termasuk ringkas. Tampilannya juga mewah dan eksklusif dengan paduan warna hitam di dalam dan silver di luar. Untuk mengejar bodi yang relatif tipis, Dell menempatkan sebagian port di bagian belakang. Di sana Anda akan menemukan Alienware Graphics Amplifier Port port, Mini-Display port dan HDMI 1.4 port. Sementara pada sisi kanan notebook, akan ditemukan 2 port USB 3.0 serta 1 port RJ-45 (gigabit Ethernet). Sedangkan port power, 1 port USB 3.0, dan Audio Out serta Line In Microphone ditaruh di kiri. Jadi walaupun cukup ringkas ukurannya, port yang disertakan ternyata cukup lengkap.

Dell_Alienware_13_01

Keyboard yang disertakan juga nyaman, dengan ukuran tombol yang cukup besar. Sayangnya, untuk deretan tombol di atas (Fn) dan tombol arah, ukurannya agak menciut. Di balik penampilannya yang sederhana, ternyata keyboard Alienware 13 telah dilengkapi berbagai fitur canggih seperti 4-Zone, multi-color RGB, serta kendali cahaya AlienFX. Dengan fitur-fitur tersebut, Anda dapat mengatur fungsi dan tampilan keyboard. Misalnya, bosan dengan lampu putih pada keyboard? Anda bisa menggantinya dengan lampu berwarna biru. Selain keyboard, touchpad dan logo Alienware juga dapat diatur warnanya.

Dell_Alienware_13_02

Dengan resolusi Full HD, layar 13 inci laptop gaming ini tampil tajam dan memukau. Penggunaan layar IPS juga membuat sudut pandangnya cukup luas dan tetap nyaman saat dilihat dari samping. Finishing anti glare juga membantu mengurangi pantulan cahaya di ruangan tempat Alienware 13 berada.

Kencang untuk semua game
Untuk menjalankan berbagai game 3D yang terbaru, Dell Alienware 13 mengandalkan prosesor Intel Core i5-4210U, RAM 8GB, dan GPU Nvidia GTX860M 2GB. Spesifikasinya ini cukup mumpuni saat dipakai menggenjot game terbaru. Tergantung dari game yang dimainkan, Alienware 13 akan dapat menjalankan game dengan mulus pada setting menengah ke atas. Jika sedang digunakan untuk keperluan lain di luar game, maka laptop ini akan beralih ke GPU Intel HD4400 untuk menghemat konsumsi daya. Dengan pola ini, daya tahan baterai akan dapat diperpanjang.

spesifikasi alienware 13 ct01

Skor pengujian beberapa benchmark juga menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pada tes uji di Cinebench R15, laptop ini mendapatkan hasil cukup baik dengan OpenGL 71.05 fps. Sedangkan untuk 3D Mark skornya mencapai 3306. Hasil ini menempatkannya di atas Ultrabook sekelasnya, namun masih di bawah laptop gaming dengan prosesor Core i5 yang bukan irit daya.

benchmark alienware 13

Bicara gaming tentunya juga harus menyinggung kualitas suara. Dan ternyata Alienware 13 memiliki performa yang baik. Paduan speaker dari Klipsch dan Sound Blaster memberikan sensasi tersendiri saat memutar lagu dan film serta memainkan game. Dari pengujian, kualitas suara dari speaker internalnya cukup jernih dan lantang.

Kesimpulan
Bagi sebagian mobile gamer, brand Alienware merupakan jaminan mutu untuk sebuah komputer gaming. Dan ternyata hal tersebut dibuktikan oleh Dell Alienware 13. Walaupun hanya sempat mencobanya secara singkat, kami cukup puas dengan performa dan fiturnya. Paduan GPU dan CPU yang baik, ditambah layar Full HD yang tajam, menjadikan bermain game dengannya lebih mengasyikkan. Desain paten Alienware 13 juga menjadi nilai tambah. Walaupun bobotnya cukup berat untuk sebuah laptop 13,3 inci, namun desainnya termasuk unik untuk sebuah laptop gaming. Tentunya semua itu harus ditebus dengan harga yang cukup premium.

Namun bagi Anda yang mencari laptop gaming berukuran ringkas dengan fitur dan performa jempolan, serta tidak keberatan dengan harganya, Dell Alienware 13 bisa dipertimbangkan.

Yang Canggih
+ Desain Futuristik & eksklusif
+ Layar tajam
+ Port konektivitas lengkap
+ Performa kencang
+ Lampu dapat diatur
+ Tombol keyboard nyaman

Yang Kurang
– Bobot berat
– Harga premium
– Sebagian tombol keyboard lebih kecil

[table]Spesifikasi;Dell Alienware 13
Processor;Intel Core i5-4210U 1.7-2.7GHz
RAM; 8GB
HDD; 500GB
GPU;Nvidia GTX860M 2GB + Intel HD4400
Layar;”IPS Anti Glare 13.3” Full-HD (1920×1080 pixel) ”
OS; Windows 8.1
Fitur;”HD Webcam, Killer 1525 802.11ac 2×2 WiFi, Bluetooth 4.1, 3x USB 3.0, 1x Alienware Graphics Amplifier Port, MiniDisplay Port, HDMI Port, Klipsc Audio, Backlight keyboard dengan AlienFX lighting”
Baterai;Li-Ion 52 Whrs
Dimensi;32.8 x 23.5 x 2.7 cm
Bobot; 2,058kg
[/table]
Back to top button