Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Wiko Highway 4G

Formula sukses merek-merek baru menjual smartphone Android tidak terlalu sulit untuk ditebak. Spesifikasi tinggi dipadu dengan desain menarik dan harga terjangkau sudah menjadi formula klasik di pasar gadget Indonesia. Sayangnya, dengan formula tersebut, alhasil, hal yang unik menjadi lumrah seiring dengan frekuensi pendatang baru yang tinggi. Dengan Highway 4G, Wiko, perusahaan smartphone asal Perancis mencoba mendobrak pasar dengan memperkenalkan satu variabel fungsi baru unik, yaitu aspek gaming dengan mengusung prosesor Nvidia Tegra 4i.

Serupa tapi tak sama

Wiko Highway 4G hadir dengan tampilan premium yang mempesona. Tampilan desain unibody alumunium yang diapit dengan kaca gorilla glass di depan dan belakang memberikan kesan premium yang sangat menggoda. Untuk menghargai desain premium ini, sangat disarankan agar penggunanya memilih warna putih yang memiliki kontras warna menonjol antara aksen metal dan lapisan kaca. Pada model warna hitam yang kami uji, kesan premiumnya sedikit berkurang dikarenakan aksen metalnya cenderung gelap. Dengan sisi sudut hidup, smartphone dengan ukuran layar 5” ini cukup nyaman digenggam ditambah dengan ukuran layarnya yang memanjang dan bezel yang tipis.

Layar utama Highway 4G hadir dengan layar 5” penuh dengan layar kapasitif dibawahnya untuk navigasi dengan susunan tombol context menu, home dan back yang telah distandarisasi oleh Google. Logo Wiko, speaker, lampu notifikasi dan kamera depan menghiasi bagian atas depan layar smartphone ini. Di sisi belakang, desain minimalis masih menjadi unggulan, dengan logo Wiko dan kamera 16 Megapixel dengan bezel yang sedikit menonjol dan lampu flash.

Dari tampak samping, desain minimalis yang diusung oleh Highway 4G menyerupai bentuk iPhone lawas, namun penempatan tombol volume dan pengunci layar unik memberikan smartphone ini jati diri yang unik. Port koneksi micro USB  di bagian bawah serta jack microphone di bagian atas menghias sisi-sisi Highway 4G. Sayang smartphone ini tidak hadir dengan port MicroSD. Ketiadaan port ekstra memang umumnya memberikan kekokohan yang baik, dan Highway 4G memiliki rancang bangun yang sangat baik, sehingga masih ketiadaan port ekstra masih bisa dimaklumi.

Wiko Highway 4G hadir dengan modul kamera utama 16 Megapixel autofocus dan kamera depan 2 Megapixel. Kualitas tangkapan modul kamera utamanya cukup baik dengan detail yang cukup dan reproduksi warna yang mendekati akurat. Wiko tidak memberikan kustomisasi pada aplikasi kamera bawaan Highway 4G. Dengan system kendali rotary Google Camera, Highway 4G tidak memiliki banyak opsi seperti filter tambahan, namun masih dapat mengendalikan eksposur dan pencahayaan secara manual. Fungsi auto focus kamera utamanya juga mengunci dengan cepat sehingga penggunanya dapat mengambil momen candid dengan baik. Hasil tangkapa kamera depan juga cukup baik dengan detail dan warna yang baik.

Nvidia Tegra 4i

Highway 4G memisahkan dirinya dari banyak smartphone Android lainnya dengan mengusung prosesor Nvidia Tegra 4i quad core berkecepatan 2 GHz, memori RAM 2GB, dan Android 4.4.2. Tidak banyak smartphone yang ada di Indonesia dengan spesifikasi seperti ini.

Pada pengujian Antutu, Highway 4G mendapatkan nilai 29967, cukup baik untuk di kelasnya, beberapa poin di bawah produk flagship namun lebih tinggi dibandingkan smartphone kelas menengah. Pada pengujian Vellamo, nilai rata-rata yang konsisten menunjukkan kemampuan proses sintetis Highway 4G masih berada di atas smartphone kelas menengah dan sedikit di bawah smartphone papan atas.

Kemampuan prosesor sintetis memang bukan keunggulan dari prosesor Nvidia. Namun di sisi grafis, Highway 4G memiliki kemampuan proses yang sangat baik. Pada pengujian 3D Mark, GPU GeForce mendapatkan nilai Maxed Out atau tertinggi untuk Ice Storm dan Ice Storm Unlimited, dengan nilai 10083 pada pengujian Ice Storm Extreme. Pada pengujian game-game 3D berat lainnya seperti Dead Trigger 2 dan Real Racing 3, tidak ada masalah berarti, dengan setting grafis yang tinggi, tidak ada sendatan berarti ketika bermain game-game papan atas tersebut.

Keunggulan utama dari penggunaan prosesor Nvidia terletak pada penggunan GPU GeForce ULP yang digadang-gadang oleh empunya sebagai versi miniatur dari GPU PC. Meskipun hasilnya tidak terlalu berbeda dengan GPU mobile lainnya, itu dikarenakan dari tidak optimalnya game-game yang ada dengan fitur GPU GeForce. Mengatasi hal tersebut, Nvidia bekerjasama dengan beberapa pengembang game dan menyediakan versi optimal dari game tersebut melalui portal Tegrazone yang hanya tersedia pada gadget dengan prosesor Nvidia. Alhasil, game-game yang ada di portal Tegrazone sudah optimal dengan fitur GPU GeForce dan memiliki beberapa fitur visual tambahan seperti efek air dan simulasi kain pada game Shadowzone.

Pada penggunaan sehari-hari, Highway 4G tidak memiliki kendala yang berarti. Memori RAM sebesar 2 GB dipadu dengan prosesor quad core 2.0 GHz melahap semua aplikasi dengan mudah. Sesekali memang terlihat ada sendatan ketika berganti aplikasi tapi tidak terlalu signifikan dalam penggunaannya. Sayangnya, dalam bermain game jangka panjang, bagian belakang atas Highway 4G cukup panas, dan sedikit mengganggu ketika bermain game dalam mode landscape. Kami menyarankan penggunanya untuk menggunakan soft cover ataupun casing untuk meredam panas ketika ingin bermain game dalam jangka panjang.

Wiko tidak memberikan perubahan pada antar muka Highway 4G, dengan mengusung tampilan stok Android KitKat. Toh dengan begini, pengalaman menggunakan Android murni dapat dirasakan oleh penggunanya, dan dengan mudah dapat mengganti theme melalui launcher launcher yang tersedia banyak di Google Playstore.

Highway 4G hadir dengan layar IPS 5” full HD 1080p. Kualitas gambar yang tajam ditemani dengan saturasi yang sedikit kurang, membuat warna-warna menjadi sedikit pudar.

Daya tahan baterai Highway 4G dengan baterai berkapasitas 2350 mAh adalah cukup baik selama tidak digunakan untuk bermain game 3D. Fitur 4G yang diusung oleh smartphone ini sayangnya belum optimal seiring dengan belum optimalnya juga jaringan 4G di Indonesia. Pada mode sinyal 4G diaktifkan, daya tahan baterai menyusut tidak sampai setengah hari seraya smartphone ini mencari-cari sinyal 4G. Pada mode 3G, dengan sinyal yang stabil, Highway 4G dapat bertahan hingga satu hari penuh, namun hanya dapat bertahan hingga 4 jam saja apabila dijadikan sebagai gadget untuk bermain game.

Smartphone istimewa untuk pecinta game

Wiko Highway 4G merupakan produk yang cukup unik di pasaran. Kemampuan 4G memang masih menjadi sebuah daya jual tersendiri karena cakupan sinyal dari operator-operator besarpun belum menyeluruh. Namun kemampuan bermain game dari Highway 4G adalah sesuatu yang unik pada smartphone ini. Dengan penyertaan prosesor Nvidia, penggunanya dapat mengubah Highway 4G menjadi sebuah solusi entertainment dengan kemampuan grafis yang sangat baik.

Yang Canggih:

+ Desain premium

+ Prosesor dan GPU Nvidia

+ 4G LTE

Yang Kurang:

– Cenderung panas ketika bermain game

Back to top button