Quantcast
KomputerNews

Raspberry Pi 2, Lebih Cepat 6x Dibanding Versi Pertama

Raspberry Pi, komputer super mungil yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat, kini telah diperbaharui. Setelah Model B yang diluncurkan tahun 2012 silam, kini Raspberry Pi hadir dengan spesifikasi dan software yang telah disempurnakan.

raspberry pi 2

Peningkatan paling signifikan terletak pada sektor prosesor. Raspberry Pi 2 kini telah menggunakan SoC BCM2836 baru yang telah menggunakan prosesor ARM Cortex-A7 quad-core 900MHz. Selain secara teori lebih cepat dibandingkan prosesor ARM11 700MHz yang digunakan di versi terdahulu, prosesor ini juga dapat menjalankan semua versi distribusi Linux. Bahkan jika diinginkan, Pi 2 juga bisa menjalankan Microsoft Windows 10.

Selain prosesor lebih baik, Raspberry Pi 2 Model B ini juga telah dilengkapi SDRAM berukuran 1GB. Hebatnya, Pi 2 masih dapat dijalankan menggunakan adapter micro-USB 5V seperti pendahulunya.

Peningkatan dari sisi software dapat dirasakan jika Anda menjalankan aplikasi dan library open-source seperti WebKit, LibreOffice, dan sebagainya. Yang menarik meskipun spesifikasinya meningkat, harganya tetap sama seperti Raspberry P1 Model B+. Raspberry Pi 2 akan dijual seharga US$35 atau sekitar 450 ribu rupiah. Berminat?

Back to top button