Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Sony Xperia M2 Aqua

Popularitas Android membuat semakin banyak smartphone yang serupa di pasaran. Untuk mengatasi masalah ini, produsen smartphone mencoba memperkenalkan fitur-fitur unik dengan beragam fungsi. Sayangnya, fitur ini umumnya tersedia pada lini atas dengan harga premium yang menyertainya. Dengan permintaan smartphone kelas pemula dan menengah yang semakin besar, Sony memperkenalkan fitur anti air yang awalnya diperkenalkan pada seri Z kepada seri M dengan Xperia M2 Aqua.

Fitur premium di kelas menengah

Xperia seri M sudah masuk ke generasi keduanya dengan Xperia M2. Menawarkan desain “omnibalance” terbaru dibanding desain “human curvature” pada Xperia M yang diluncurkan pada tahun 2013, Xperia M2 memberikan sentuhan premium pada kelas menengah. Xperia M2 Aqua secara desain hampir tidak memiliki perbedaan dengan Xperia M2. Dua ciri pembeda antara M2 dan M2 Aqua terletak pada penggunaan plastik berbahan matte di bagian belakangnya dan fitur LTE.

Smartphone dengan dimensi 140 x 72 x 8.6 mm ini terasa nyaman di genggaman. Seiring dengan tren smartphone yang semakin membesar akhir-akhir ini, Xperia M2 Aqua terasa pas di tangan. Tombol power, volume dan kamera dua tahap yang tersusun rapih dan kecil di sisi kanan memiliki tingkat respon yang sangat baik. Baik menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri, semua tombol-tombol tersebut dapat dioperasikan dengan mudah.

sony_xperia_m2_aqua_08_black_group

Sebagai sebuah smartphone dengan kemampuan anti air, Xperia M2 Aqua menggunakan penutup pada semua port-port yang tersedia termasuk port jack audio serta micro USB. Sony Xperia M2 Aqua mendapatkan sertifikasi IP68 yang berarti ketahanan tertinggi untuk debu dan dapat dibenamkan di dalam air selama 30 menit pada kedalaman 1.5 meter. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S5 hanya mendapatkan sertifikasi IP67, yang berarti hanya dapat dibenamkan hingga 1 meter saja. Seperti semua smartphone anti air lainnya, layar sentuh Xperia M2 Aqua tidak dapat digunakan pada saat direndam dalam air, namun semua fungsi tombol fisik berfungsi secara penuh.

Screenshot_2014-11-22-11-11-33Screenshot_2014-11-22-11-11-04

Hasil foto biasa
Xperia M2 Aqua menggunakan modul kamera 8 Megapixel auto focus dengan sensor Exmor RS dan dilengkapi LED. Pengoperasian kamera Xperia M2 Aqua tidak berbeda dengan smartphone Android Sony lainnya. Fitur Superior Auto masih menjadi fitur unggulan kamera Xperia M2 Aqua, dengan pengaturan parameter dan pemilihan mode pengambilan gambar yang cepat, fitur ini mendapatkan hasil tangkapan foto yang cukup baik di hampir semua kondisi.

Sayangnya, kualitas tangkapan kamera Xperia M2 Aqua terasa kurang. Tingkat noise cenderung tinggi pada kondisi pencahayaan yang kurang optimal. Namun, dengan tingkat cahaya yang cukup, hasil tangkapan kamera lebih baik dengan reproduksi warna yang yang kontras meskipun detail gambar tidak terlalu tajam. Hasil tangkapan kamera depan Xperia M2 Aqua cenderung kurang juga. Dengan detail dan sensitivitas cahaya yang kurang baik, Anda harus berada di ruangan yang cukup terang untuk menggunakan kamera depan smartphone ini dengan optimal.

Berikut hasil foto Xperia M2 Aqua tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto lengkapnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi yangcanggih.com.

Setali tiga uang

Xperia M2 Aqua memiliki spesifikasi yang sama dengan Xperia M2, yaitu Qualcomm Snapdragon 400 quad core 1.2 GHz dengan GPU Adreno 305,  memori 1GB, dan Android 4.4.2 (KitKat). Spesifikasi ini juga diadopsi kebanyakan smartphone di kelas menengah.

Pada pengujian Antutu, Xperia M2 Aqua mendapatkan nilai 18809, nilai rata-rata untuk kelas menengah. Pada pengujian Vellamo, smartphone ini mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya. Secara konsisten Xperia M2 Aqua mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan Moto G dan lebih tinggi dibandingkan Galaxy S3.

Screenshot_2014-11-22-11-43-04

Pada pengujian 3D Mark, GPU Adreno 305 memberikan performa yang cukup baik. Dengan nilai benchmark berturut-turut Ice Storm, Ice Storm Unlimited dan Ice Storm Extreme: 5837, 4859, dan 2890, Xperia M2 Aqua berada dalam kategori rata-rata. Tidak ada sendatan berarti pada game-game puzzle ringan seperti Candy Crush Saga, dan game dengan grafis 3D menengah seperti Fast and Furious 6 berjalan tanpa sedatan berarti.

Screenshot_2014-11-22-11-33-18

Pada penggunaan sehari-hari, kombinasi prosesor quad core 1.2 GHz dan memori 1 GB terasa cukup. Pada saat banyak aplikasi dibuka memang terasa adanya sendatan terutama ketika berganti aplikasi, namun secara keseluruhan masih dapat diterima mengingat spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Screenshot_2014-11-22-14-03-30Screenshot_2014-11-22-14-20-44

Antar muka Xperia M2 Aqua masih mengusung tampilan serupa dengan stok Android KitKat. Pada bagian bawah, dua shortcut aplikasi mengapit tombol virtual app drawer di tengah, dengan layar utama terbuka bebas untuk penambahan shortcut aplikasi tambahan, widget, dan contact. Anda dapat menambahkan hingga 7 halaman di layar utama.

Screenshot_2014-11-22-11-10-41Screenshot_2014-11-22-11-10-12

Seperti smartphone Android Sony lainnya, Xperia M2 Aqua disertai dengan aplikasi-aplikasi khas Sony seperti Walkman, Movies, dan Playstation Mobile. Aplikasi-aplikasi terbaru ini memiliki tampilan yang lebih hidup dibanding dengan versi lawasnya meskipun masih memiliki fungsi yang sama.

Xperia M2 Aqua menggunakan layar LCD IPS 4.8” dengan resolusi 540 x 960. Meskipun tidak menggunakan teknologi layar Bravia, reproduksi warna layar Xperia M2 Aqua cukup tajam dengan tingkat pencahayaan yang tinggi sehingga dapat dibaca pada kondisi matahari terik. Kerapatan pixelnya cukup baik, dengan kualitas teks yang terbaca dengan baik tanpa pixelation berlebih.

Dengan baterai berkapasitas 2300 mAh, Xperia M2 Aqua memiliki daya tahan baterai yang baik. Pada saat pengujiaan looping menonton film 720P, Xperia M2 Aqua dapat bertahan hingga 7 jam. Pada penggunaan sehari-hari, Dengan sinyal penuh, menonton video setengah jam, berbicara setengah jam, bermain game setengah jam dan browsing kumulatif satu jam, smartphone ini hanya memakan daya 20%. Pada penggunaan sehari-hari dalam kondisi sinyal stabil, Smartphone ini dapat bertahan hingga satu setengah hari waktu aktif.

Smartphone kelas menengah dengan fitur istimewa

Sony Xperia M2 Aqua mungkin bukanlah sebuah smartphone dengan kinerja luar biasa maupun memiliki fitur yang berlimpah. Terlihat sebagai sebuah update kecil, Xperia M2 Aqua sesuai untuk pengguna Xperia M2 untuk melakukan upgrade berkat fitur anti air dan debunya yang sangat berguna. Untuk mereka yang mencari sebuah smartphone Android kelas menengah dengan fitur unik dan desain sensual, Xperia M2 Aqua adalah pilihan yang sangat baik.

Yang Canggih:
+ Desain premium untuk kelasnya
+ Fitur anti air dan anti debu tertinggi (IP68)
+ Daya tahan baterai baik
+ Mendukung LTE

Yang Kurang:
– Kualitas kamera sedikit kurang
– Adanya sendatan ketika banyak aplikasi berjalan

[table]Spesifikasi;Sony Xperia M2 Aqua
Layar; 4.8” IPS LCD, 540 x 960 pixel
Prosesor;Quad Core 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon 400
GPU;Adreno 305
Memori/RAM; 8 GB /  1 GB
Kamera;8 Megapixel autofocus (belakang), VGA fixed focus (depan)
Baterai; 2300 mAh (tidak bisa dilepas)
Fitur;Bluetooth v4.0, Wi-Fi, Accelerometer, Proximity sensor, Compass
Dimensi;140 x 72 x 8.6 mm
Bobot;149 gram
[/table]
Back to top button