Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

BlackBerry Passport: Desain Kotak Unik dengan Keyboard Ekstra Nyaman

Desain smartphone yang mirip dengan dominasi layar sentuh di bagian depan kini mendapatkan hembusan angin segar dengan kemunculan BlackBerry Passport.

Layar yang unik
Mengandalkan layar 4,5 inci dengan aspect ratio 1:1 (persis seperti aspect ratio foto Instagram), BlackBerry Passport merupakan smartphone QWERTY dengan layar sentuh terbesar saat ini. Ukuran layar yang besar tentunya membuat lebih banyak informasi dapat tertampil sekaligus sehingga mengurangi kebutuhan untuk menggulung layar. Dengan kerapatan pixel mencapai 453 ppi, layarnya juga amat tajam. Efek goresan dan benturan juga dapat diminimalkan berkat adanya lapisan Corning Gorilla Glass 3.

blackberry passport 1

Dua hal menarik dari Passport
Selain layar dan desainnya, ada dua hal lain yang menarik dari Passport. Yang pertama, keyboard QWERTY Passport memiliki ukuran tombol yang besar dengan tiga baris jajaran tombol. BlackBerry mengklaim bahwa pengguna akan dapat mengetik dengan lebih cepat dan lebih akurat. Untuk mempercepat interaksi dengan ponsel, BlackBerry juga melengkapinya dengan permukaan touch-sensitive yang berfungsi ganda sebagai trackpad. Jadi Anda tetap dapat menggulung laman Web atau memilih menu langsung dari keyboard, tanpa menyentuh layarnya.
blackberry passport keyboard

Hal yang menarik kedua adalah baterainya. Dengan kapasitas baterai mencapai 3450 mAh, inilah ponsel BlackBerry yang paling tahan lama. Bahkan BlackBerry mengklaim Passport akan dapat bertahan hingga 30 jam jika digunakan dengan sangat intensif.

Spesifikasi kelas atas
Walaupun sebenarnya kinerja Q10 sudah cukup baik, tapi ternyata BlackBerry tetap menggenjot spesifikasi Passport dengan memasukkan chipset Qualcomm Snapdragon 800 dengan prosesor quad-core 2,26GHz, RAM 3GB, serta memori internal 32GB yang bisa diperluas dengan microSD.

Sektor kamera juga dipoles lagi dengan adanya kamera utama 13 megapixel yang mampu merekam video Full HD. Seperti ponsel kelas atas lainnya, kamera utamanya ini juga telah dilengkapi OIS (optical image stabilization) sehingga hasil fotonya tetap tajam walaupun ada guncangan saat memotret. Untuk kamera depan, Passport tidak “latah” memperbesar resolusinya dan tetap bertahan dengan kamera depan 2 megapixel.

Kualitas suara diperhatikan
Untuk fitur canggih, Anda akan menemukan BlackBerry Assistant. Asisten digital ini dapat diakses menggunakan perintah teks dan suara untuk membantu Anda mengakses beberapa fungsi seperti mengaktifkan Bluetooth, dan sebagainya.

Untuk kualitas panggilan yang prima, BlackBerry Passport menggunakan sistem 4 mikrofon yang dinamakan BlackBerry Natural Sound Technology. Dengan fitur ini, ponsel akan dapat mengatur volume secara otomatis sehingga Anda akan mendapatkan kualitas suara yang optimal.
blackberry passport android

Seperti biasa, Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi dari BlackBerry World. Selain aplikasi BlackBerry, Passport juga dapat menjalankan aplikasi Android yang bisa diunduh melalui Amazon Appstore dan toko aplikasi Android lainnya di luar Google PlayStore.

BlackBerry Passport diperkirakan akan segera dipasarkan di Indonesia akhir tahun 2014. Belum ada informasi mengenai harga jual resminya, tapi diprediksi Passport akan dijual seharga Rp7 juta.

[table]Spesifikasi;BlackBerry Passport
Chipset;Qualcomm MSM8974AA Snapdragon 800
CPU;Quad-core 2.26 GHz Krait 400
GPU;Adreno 330
Layar; 4,5 inci 1440 x 1440 pixel (453 ppi)
RAM;3GB
Memori;Internal 32GB + microSD
Konektivitas;HSDPA, HSUPA, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, NFC
Kamera;Belakang 13 megapixel (autofocus, OIS, flash LED), Depan 2 megapixel
Video;Belakang 1080p@60fps, Depan 720p
Baterai;3450 mAh
Dimensi;128 x 90.3 x 9.3 mm
Bobot;194 gram
[/table]
Back to top button