Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)

Mengasah Kemampuan Berhitung dengan Sumico

Bagi sebagian orang, matematika itu gampang-gampang susah. Mungkin ketika diminta untuk merangkai sebuah operasi hitung yang menjadikan hasil 8, Anda bisa dengan mudah menebak 4 + 4 atau 2 + 6. Namun bagaimana jika kombinasi operasi hitungnya harus lebih kompleks, misalnya 6 + 6 – 5 + 1 ?. Hal itulah yang harus dipikirkan jika berani menerima tantangan dari Sumico. Permainan karya developer Ludomotion ini memang menuntut kerja otak dalam sebuah puzzle aritmatika, hanya saja tampilan desain estetika segienam pada angka serta operasi matematika pada sebuah lingkaran yang dipadukan dengan warna pastel menghantarkan aroma menenangkan.

Sumico 6

Bagaimana cara mendapatkan skor di permainan angka ini? Caranya cukup mudah. Anda diminta untuk merangkai operasi hitung dengan target angka atau hasil yang telah ditentukan di pojok kiri atas layar. Untuk target angka 5 misalnya, maka ketukkan jari pada angka 2 lalu diteruskan ke operasi penjumlahan (+) lanjutkan ke angka 3. Pergeseran langkah angka dan operasi hitung tidak boleh lompat, jadi harus membentuk sebuah pola tanpa putus. Jika langkah tidak sesuai dengan target maka operasi matematika akan semakin berkurang yang membuat permainan semakin sulit karena akan melibatkan lebih banyak angka di dalamnya.

Di beberapa elvel pertama mungkin akan terasa mudah menyelesaikannya, karena yang terpikirkan masih sebatas penjumlahan dan pengurangan. Bagaimana jika operasi penjumlahan dan pengurangan menjadi sedikit dan ditampilkan banyak perkalian dan pembagian dan bahkan target bukan saja bilangan positif tetapi bisa muncul angka negatif, maka pemikiran akan semakin diperluas untuk angka yang lebih besar lagi. Permasalahan juga akan muncul ketika diminta untuk memikirkan operasi hitung dengan berpacu dengan batas waktu.

Sumico menampilkan 2 mode permainan, yaitu campaign yang mencakup 72 level permainan dan endless mode. Satu hal pasti adalah jangan memainkan game ini ketika sedang memikirkan sesuatu yang serius atau sedang pusing. Ini bukanlah game untuk hiburan ringan, tapi lebih menuntut konsentrasi tinggi dan kemampuan pemikiran yang prima.

Anda dapat mengunduh Sumico di PlayStore di tautan berikut ini. Untuk versi iOS, baru akan hadir beberapa hari mendatang. Selamat berpikir ya!!

Back to top button