Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)

Foto Malam Hari Lebih Menawan di iPhone dengan NightCap Pro

Aplikasi kamera di smartphone biasanya lebih mementingkan unsur kemudahan pemakaian dibandingkan fitur-fitur fotografi manual. Maka tidak heran jika cukup sedikit kamera ponsel yang mendukung pengaturan setting fotografi secara manual. Selain itu, kebanyakan fitur tersebut lebih ditujukan untuk pemotretan dalam kondisi cahaya ideal. Bahkan untuk ponsel sekelas iPhone sekalipun, fitur pengaturan kecepatan rana atau shutter juga masih absen. Nah, untuk memotret dengan kecepatan lambat atau long exposure, Anda harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Hasil foto menggunakan NightCap Pro di iPhone 5s: (Kiri) hasil foto standard dari aplikasi kamera iPhone. (Tengah) menggunakan aplikasi NightCap standard, dan (Kanan) menggunakan aplikasi NightCap Pro.
Hasil foto menggunakan NightCap Pro di iPhone 5s: (Kiri) hasil foto standard dari aplikasi kamera iPhone. (Tengah) menggunakan aplikasi NightCap standard, dan (Kanan) menggunakan aplikasi NightCap Pro.

Salah satu dari aplikasi tersebut adalah NightCap dari Interealtime yang khusus dirancang untuk perangkat iOS. Dengan aplikasi ini, kecepatan rana kamera bisa diatur antara 1/3 dan 1 detik, tergantung dari perangkat yang digunakan. Sebagai catatan, kecepatan rana paling lambat untuk iPhone hanyalah 1/15 detik. Ini berarti NightCap akan membantu Anda menghasilkan foto malam hari dengan lebih baik, walaupun kemungkinan besar Anda akan membutuhkan tripod untuk hasil optimal.

Versi lengkapnya, NightCap Pro, hadir dengan opsi pengaturan yang lebih lengkap seperti dukungan video, fitur light booster dan 2 mode ultra-long exposure. Bagi penggemar astrophotography, aplikasi ini menyediakan mode Light Trail untuk memotret pergerakan bintang dengan waktu eksposur yang tidak terbatas. Mode ini juga menyediakan beragam pengaturan tambahan yang berguna untuk mengoptimalkan hasil foto di kondisi minim cahaya dengan tingkat noise dan ketajaman foto yang tetap terjaga.

NightCap-2

Seluruh hasil foto menggunakan aplikasi ini bisa disimpan dengan resolusi penuh dalam format JPEG atau TIFF. NightCap Pro membutuhkan minimum iOS 7 dan kompatibel dengan iPhone 4s, iPad 2, dan model iPhone atau iPad terbaru. Untuk versi NightCaP Pro dibanderol dengan harga US$1.99 dan versi standarnya dibanderol US$0.99.

Back to top button