Quantcast
KomputerReviewUltraportable

Review Toshiba Satellite NB10T

Untuk mendongkrak kembali popularitasnya laptop mini, Intel berinovasi dengan prosesor baru yang diklaim lebih hemat energi namun tetap bertenaga untuk digunakan pada laptop mini. Dan Toshiba menyambut baik inovasi tersebut dengan menghadirkan NB10T.

toshiba-1

Konsep Desain
Walau tablet PC saat ini sedikit banyak fungsinya sudah bisa menggantikan laptop, namun ada beberapa faktor yang membuat pengguna tetap memilih laptop untuk berkerja dibandingkan menggunakan tablet PC. Untuk itulah, Toshiba menyiapkan Toshiba NB10T ini dengan ukuran yang sangat portabel untuk bermobilitas yaitu 11.6-inci dan memiliki bobot mulai dari sekitar 1.3kg.

Secara tampilan, kemasan desain Toshiba NB10T terlihat masih mirip dengan laptop Toshiba Satellite lainnya yang hadir dengan sudut agak membulat dan bodi yang kokoh.

toshiba-2

Layarnya sendiri telah dilengkapi dengan teknologi sentuhan dan mampu merespon jari dengan amat baik. Panel layarnya juga telah dilengkapi dengan lapisan anti sidik jari dan lapisan yang lebih tebal untuk melindungi layar dari goresan.

Saat digunakan di dalam ruangan, layar Toshiba NB10T masih mampu menyajikan tampilan berbagai konten dengan cukup baik. Namun layarnya mulai agak sulit terlihat saat digunakan di luar ruangan, terutama pada kondisi cahaya berlimpah. Sama seperti laptop di kelas harganya, sudut penglihatan terbaik melihat laptop ini adalah dari depan. Jika dilihat dari samping kiri atau kanan, layarnya akan terlihat agak buram.

toshiba-3

Tidak ketinggalan, bagian keyboard bergaya chiclet Toshiba NB10T juga cukup nyaman digunakan untuk mengetik. Touchpad untuk navigasi juga amat responsif menanggapi sapuan jari tangan.

Satu nilai tambah yang dimiliki NB10T adalah kelengkapan konektivitasnya yang mampu dijejalkan di bodinya yang mungil. Penempatan seluruh konektivitasnya juga amat baik dan tidak mengganggu satu sama lain. Di sebelah kiri terdapat port VGA out, Ethernet, USB 3.0, dan HDMI. Sementara di sebelah kanan terdapat slot pembaca kartu memori, audio jack, power adapter dan 2 port USB 2.0.

Performa
Dengan spesifikasi standarnya, Toshiba NB10T mampu menjalankan Windows 8 dengan amat baik. Untuk mencukupi kebutuhan komputasi sehari-hari (di luar bermain game 3D modern) seperti membuat dokumen, browsing, hingga memutar video dengan format Full HD, laptop mungil ini sanggup memenuhinya dengan tanpa masalah. Jika merasa performanya kurang, Anda masih dapat meningkatkan kapasitas RAM bawaannya yang sebesar 4GB hingga menjadi 8GB. Berikut hasil benchmarknya menggunakan aplikasi Cinebench

benchmark toshiba mini notebook

Bagi Anda yang sering berkerja di luar ruangan, Toshiba NB10T juga bisa dijadikan pasangan kerja Anda. Prosesor Intel Celeron N2810 yang masuk dalam platform Bay Trail memang dirancang untuk memiliki konsumsi daya yang irit.

Dari pengujian kami dengan skema tingkap gelap terang 50%, terhubung ke koneksi WiFi dan digunakan untuk membuat dokumen sambil browsing, baterainya masih sanggup bertahan hingga sekitar 4,5 jam. Cukup lama untuk sebuah laptop seukurannya.

Kesimpulan
Notebook ini akan dipasarkan dengan harga mulai dari 6 juta rupiah untuk versi layar sentuh. Toshiba juga telah menyiapkan versi non layar sentuh dengan harga sekitar 4 jutaan rupiah.

Bagi Anda yang membutuhkan notebook dengan performa cukup mumpuni untuk kebutuhan komputasi mendasar, serta memiliki daya tahan baterai yang cukup baik, Toshiba NB10T layak menjadi pertimbangan.

Yang Canggih
– Kinerja cukup handal untuk komputasi sehari-hari.
– Layar sentuh amat baik.
– Konektivitas lengkap.

Yang Kurang
– Harga cukup tinggi di kelasnya.
– Layar sulit terlihat di kondisi pencahayaan yang terang.

Back to top button