Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

Archival Disc: Media Penyimpanan Data Digital Pengganti Blu-ray

Sony dan Panasonic baru saja mengumumkan Archival Disc, optical disc generasi baru, yang kapasitas penyimpanannya mencapai 1TB atau setara dengan 250 film yang disimpan dalam format DVD.

Archival-disk

Kehadiran Archival Disc ini diharapkan akan menjadi penerus kesuksesan cakram Blu-ray dan menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Jika Blu-ray disc memiliki kapasitas penyimpanan maksimal 128GB, Archival Disc nantinya mampu menyimpan data dengan kapasitas mulai dari 300GB, 500GB, dan 1TB. Rahasianya terletak pada 3 lapisan optikal yang ada di setiap sisinya.

ArchivalDiskRoadmap

Mengingat keping cakram ini adalah pengganti Blu-ray, sepertinya salah satu kegunaan yang paling populer nantinya adalah untuk menyimpan file video. Kemungkinan besar Archival Disc akan digunakan sebagai media untuk mendistribusikan film Ultra HD atau 4K yang ukurannya sangat besar. Kegunaan lain tentunya adalah sebagai media pencadangan dari berbagai file, mulai dari dokumen penting hingga koleksi musik digital. Bayangkan Anda dapat menyimpan ribuan lagu dengan format lossless ke dalam satu keping Archival Disc.

Buat Anda yang ingin segera mencoba Archival Disc, sebaiknya bersabar karena perangkat ini baru akan dijual untuk umum pada kuartal kedua 2015. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi laman resmi Sony.

Satu komentar

Back to top button