Quantcast
Home GadgetSMART HomeVisual

Philips Hadirkan TV UHD dengan Teknologi Ambilight

Di tengah persaingan TV pintar yang mengetat, Philips mengumumkan kehadiran 3 televisi canggih yang terdiri dari tipe 9000 UHD TV, DesignLine, dan Elevation yang masing-masing dilengkapi dengan teknologi Philips Ambilight.

Philips TV1

“Ketiga produk terbaru dari Philips ini tak hanya datang dengan kualitas gambar terbaik dan desain yang menarik, tapi juga dapat dijadikan bagian dari desain interior rumah. Dengan kombinasi yang tepat antara ketajaman gambar, desain yang atraktif, dan berbagai fitur pintar, ketiga produk ini akan membuat pengalaman menonton tak akan pernah sama”, ujar Ivan Lee, Product Manager TP Vision.

Ambilight adalah teknologi terbaru dari Philips yang dapat memproyeksikan cahaya LED dari 3 sisi di bagian belakang televisi dan memantulkan warna tersebut ke dinding di belakangnya. Uniknya, pancaran warna cahaya yang diproyeksikan oleh Ambilight akan mengikuti pergerakan warna yang keluar dari layar televisi.

Hasilnya, aktivitas nonton jauh lebih menyenangkan dan Anda bisa menikmati efek yang membuat TV seperti menjadi satu kesatuan dengan dinding dan meja di sekitarnya.

Philips 9000 Ultra HD TV (65PFL9708S)

Philips TV2

Philips 9000 UHD TV adalah televisi Ultra High Definition yang datang dengan resolusi 3840 x 2160 pixel atau lebih dikenal dengan sebutan 4K resolution. Berbekal resolusinya yang besar, TV berukuran 65 inci ini bisa menghasilkan gambar yang sangat tajam dan detail.

Ketajaman dan detail gambar yang dihasilkan Philips 9000 UHD TV tak luput dari peran teknologi Ultra Pixel HD (Hex-core Processing Engine) yang dibenamkan di dalamnya. Berbekal teknologi ini, TV dapat mengolah gambar dengan tampilan yang tajam meski berasal dari sumber yang belum memiliki kemampuan merekam dengan resolusi 4K. Jadi, jika Anda memutar film yang format gambarnya masih Full HD 1920 x 1090 pixel, TV akan tetap mampu menghadirkan gambar yang bagus dengan kualitas terbaik.

Di samping itu, Philips juga menerapkan teknologi PMR (Perfect Motion Rate) yang berfungsi mengukur seberapa banyak frame yang dihasilkan dalam satu detik. Dengan mengetahui kecepatan frame, PMR akan mengalkulasi seberapa tinggi refresh rate yang diperlukan untuk menghasilkan gambar yang halus dengan kontras dan saturasi warna yang pas untuk kenyamanan Anda.

Sebagai televisi pintar, Philips menyertakan pula kemampuan menjalankan berbagai fitur untuk kenyamanan Anda seperti Wi-Fi, Miracast, Skype TV Video Call, SmartTV Online Apps, serta keyboard QWERTY terintegrasi dan pointer pada remote TV. Berkat kehadiran berbagai fitur canggih itu Anda dapat menggunakannya untuk menikmati konten multimedia di internet, melakukan video call, serta update status Facebook tanpa harus beranjak dari tempat duduk.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, Philips menyediakan port konektivitas yang cukup lengkap pada bagian samping dan belakang televisi, diantaranya 4 port HDMI + 1 HDMI 4K, 3 port USB, port Ethernet RJ45, konektor antena, dan satelit. Satu hal yang menjadi kebanggaan Philips adalah, meski TV memiliki berbagai fitur dan teknologi termasuk penggunaan LED pada Ambilight, konsumsi daya listrik pada perangkat televisi ini hanya sebesar 193 kWh.

Philips DesignLine (55PDL8908S)

Philips TV3

Jika Philips 9000 series Ultra HD TV menawarkan gambar berdetail sempuna, seri DesignLine memadukan kualitas gambar yang tajam dengan desain berkelas yang elegan sebagai bagian dari desain interior rumah Anda.

Hadir dengan konsep desain yang disebut floating glass, bagian depan atau layar televisi yang berukuran 55 inci dan 46 inci ini menjadi satu dengan kaca khusus antipecah (tempered glass) sehingga tidak memerlukan dudukan atau base. Dengan demikian Anda dapat langsung meletakkan televisi ini di manapun.

Philips merancang bentuk dari DesignLine ini dengan baik, sehingga meski berukuran cukup besar, tapi saat diposisikan dengan baik dihadapan Anda, warna-warna yang dikeluarkan televisi ini tetap tajam dan halus. Philips bahkan menganjurkan untuk memosisikan DesignLine dengan sudut sedikit diatas 90 derajat atau tidak dalam posisi tegak lurus.

Agar lebih aman, Philips menyediakan dudukan (bracket) khusus DesignLine Smart Mount di bagian belakang. Berbekal bracket khusus dari Philips, Anda tak perlu repot mengukur televisi DesignLine untuk menemukan posisi lurus yang sesuai.

Masuk ke dalam jajaran SmartTV dari Philips, DesignLine juga dibekali dengan fitur-fitur canggih seperti Wi-Fi, Miracast, Skype TV Video Call, SmartTV Online Apps, integrasi keyboard QWERTY dan pointer pada remote. Selain itu, teknologi pengolah gambar seperti Perfect Pixel HD dan Perfect Motion Rate (PMR) juga dapat ditemui pada DesignLine.

Sebagai televisi yang mengusung konsep desain yang elegan dan premium, seri DesignLine tentunya juga dilengkapi dengan teknologi Ambilight 3 sisi atau Ambilight 3-sided XL untuk menghadirkan efek pancaran cahaya yang akan menambah sensasi saat menikmati konten multimedia.

Philips Elevation (60PFL8708S)

Philips TV4

Philips Elevation adalah produk terakhir yang dibawa oleh Philips ke Indonesia. Dibekali dengan prosesor quad-core, teknologi Image Processing yang dimiliki oleh televisi pintar ini serupa dengan Philips seri 9000 atau UHD TV. Fitur-fitur pendukung seperti Wi-Fi, Miracast, Skype TV Video Call, SmartTV Online Apps, integrasi keyboard QWERTY dan pointer pada remote juga dapat ditemui pada Philips Elevation.

Satu-satunya yang membedakan Philips Elevation Smart TV dengan seri 9000 UHD TV dan DesignLine adalah kehadiran Ambilight dengan Prism Technology. Berbeda dengan kedua produk sebelumnya yang menggunakan jajaran LED yang ditempatkan pada 3 sisi di bagian belakang televisi, Prism Technology pada Philips Elevation hanya menggunakan 1 garis LED dengan bentuk horizontal di bagian tengah. Tapi meski hanya memiliki 1 garis LED, pancaran cahaya yang dikeluarkan oleh Philips Elevation ini dapat mengimbangi pancaran 3-sided XL Ambilight pada dua produk sebelumnya.

Dengan kehadiran teknologi Ambilight, baik 3-sided XL maupun Prism Technology, televisi yang berukuran 60 inci ini dapat dikombinasikan dengan teknologi lampu Philips Hue. Berbekal teknologi komunikasi wireless yang dimiliki, efek pancaran cahaya Ambilight dapat ditingkatkan dengan menggunakan bola lampu wireless dari Philips. Anda juga dapat mengatur lokasi dan pancaran cahaya dari lampu Philips Hue dengan menggunakan aplikasi Philips Hue+ yang dapat di unduh pada toko aplikasi Google Play pada Android dan Apple AppStore pada iOS.

Harga dan ketersediaan

Ketiga produk ini akan dipasarkan oleh Philips melalui jalur distribusi PT Wahana sebagai distributor tunggal untuk ketiga TV Philips ini. Televisi Philips seri-9000 Ultra HD TV akan dijual dengan harga Rp70 juta, sementara DesignLine dan Elevation akan dilepas dengan harga masing-masing Rp45 juta dan Rp50 juta. Tertarik?

Back to top button