Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

Pencil: Pena Stylus Pintar Seperti Pensil Sungguhan

Seniman digital masa kini cukup dimanjakan dengan kehadiran iPad yang memiliki segudang aplikasi menggambar di AppStore. Salah satu aplikasi menggambar yang paling populer adalah Paper. Dan kini pengembang Paper menghadirkan aksesori inovatif berupa pena stylus canggih yang diberi nama Pencil.

Pencil-1

Pencil dihadirkan untuk menjawab kebutuhan para seniman digital pengguna aplikasi Paper yang membutuhkan kinerja pena stylus yang presisi dan nyaman digunakan. Untuk itulah sang developer, FiftyThree, merancang Pencil agar menjadi pasangan sempurna untuk aplikasi Paper dengan desain dan fitur yang sangat inovatif. Tujuannya cukup sederhana yaitu agar pengguna bisa merasakan sensasi menggambar yang lebih realitis menggunakan pena stylus di iPad.

Hal ini tercermin dari desain Pencil yang dibuat semirip mungkin dengan pensil sungguhan. Pencil hadir dengan bagian ujung yang dibuat dengan sudut agak membulat, lengkap dengan sebuah penghapus yang tersedia di bagian atasnya.

pencil-4

Kedua bagian ini telah dilengkapi sensor unik yang dilapisi emas 14 karat agar dapat merespon gerakan dengan lebih cepat dan akurat. Berkat sensor ini, Anda kini tidak perlu lagi memilih opsi penghapus di menu untuk menghapus coretan atau gambar, tapi langsung menggunakan bagian penghapus di Pencil saja. Jadi rasanya akan seperti menggunakan pensil biasa dan kertas.

Untuk terhubung ke perangkat iPad, Pencil mengandalkan teknologi Bluetooth Smart Wireless yang hemat daya. Anda juga tidak perlu mencari menu Bluetooth, tapi hanya perlu menyentuhkannya ke layar iPad maka Pencil akan langsung terhubung. Sekali isi ulang baterai di bawah 90 menit, baterai Pencil sanggup bertahan hingga satu bulan dengan pemakaian normal. Baterainya kemudian dapat diisi ulang menggunakna port USB.

Selain menawarkan fitur penghapus yang sangat inovatif, Pencil juga telah dilengkapi dengan dukungan fitur Palm Rejection dan Blend yang hanya dapat digunakan di aplikasi Paper.

pencil-3

Fitur palm rejection ini mirip seperti di Samsung Galaxy Note. Layar akan mengenali telapak tangan Anda tapi tidak merespons input yang dimasukkan. Dengan begitu, Anda akan dapat menempelkan telapak tangan di atas layar, tanpa takut akan muncul coretan yang tidak diinginkan. Kemudian dengan fitur Blend , pengguna juga bisa langsung menggerakkan jari di atas layar iPad jika memang dibutuhkan. Contohnya saat membuat efek paduan warna atau menghasilkan goresan yang lebih halus. Bagi yang tidak suka menggunakan aplikasi Paper, Pencil tetap masih dapat digunakan. Hanya saja di aplikasi lain Pencil hanya akan berfungsi seperti stylus biasa dan Anda tidak bisa menikmati fitur penghapus, palm rejection, dan Blend seperti pada Paper.

pencil-2

Pencil dapat digunakan untuk perangkat iPad Air, iPad 4, iPad 3, iPad mini, dan iPad mini Retina Display. Fifty Three menyediakannya dalam dua varian yaitu Pencil berwarna hitam dengan bodi alumunium yang dibanderol harga US$49.95 dan Pencil berwarna cokelat dengan bodi kayu walnut yang dilengkapi magnet agar dapat menempel dengan iPad Smart Cover dengan harga US$59.95. Anda dapat membelinya melalui laman resmi FiftyThree.

Satu komentar

Back to top button