Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetReview

Review: Seagate Wireless Plus

Kapasitas penyimpanan tablet yang relatif terbatas seringkali membuat kita harus jeli memilih konten mana yang ingin disimpan di dalamnya. Tidak disadari, menghapus dan memasukkan konten digital seperti video dan musik ternyata menyita waktu yang cukup banyak.

Nah, salah satu solusi yang lebih pintar adalah dengan menggunakan hard disk eksternal Wi-Fi berikut ini. Seagate Wireless Plus (SWP) merupakan pengganti Seagate GoFlex Wireless (SGW) yang muncul tahun 2011 lalu. Ada beberapa peningkatan yang dimiliki SWP seperti kapasitas yang lebih besar, daya tahan baterai lebih lama, serta dukungan untuk 8 koneksi streaming sekaligus. Ukurannya juga lebih kecil dibandingkan SGW, dan yang menarik, harganya tidak berbeda jauh dengan SGW.

Untuk mengisi data ke SWP, Anda tinggal menghubungkannya ke PC melalui koneksi USB 3.0 yang cepat. Jika diinginkan, Anda dapat mengganti konektornya dengan Thunderbolt atau Firewire (dijual terpisah). Mengoperasikan SWP amat mudah. Anda tinggal menekan tombol on/off yang ada, lalu mengatur perangkat Anda untuk terhubung via Wi-Fi ke access point SWP. Selama terhubung ke SWP, Anda masih dapat terhubung ke Internet dengan cara menghubungkan perangkat ke hotspot Wi-Fi melalui aplikasi SeagateMedia yang tersedia gratis di Play Store dan AppStore.

Wireless Plus telah tertata dengan beberapa folder standar seperti Videos, Music, Photos, dan Documents. Tapi Anda dapat menciptakan folder sendiri jika diinginkan. Aplikasi SeagateMedia cukup baik, tapi tidak mendukung semua format video. Untuk musik, format yang didukung lebih lengkap. Sedangkan untuk dokumen, Seagate akan menanyakan aplikasi apa yang ingin digunakan untuk membuka dokumen tersebut. Saya mencobanya di Galaxy Note 10.1 dan Apple iPad 3. Hasilnya cukup bervariasi dan SWP terbukti lebih lancar digunakan di platform Android, apalagi untuk pemutaran video.

seagate wireless plus-1

Streaming video Full HD dalam format .MP4 dapat dilakukan dengan mulus, sementara untuk format .MKV di atas 1GB, agak tersendat. Ini bukanlah masalah di SWP, tapi lebih ke masalah software. Untungnya
Anda dapat menggunakan aplikasi lain untuk memutar video. Baterai SWP diklaim mampu bertahan sampai 10 jam. Namun jika Anda secara terus menerus melakukan streaming video, maka baterainya akan minta diisi setelah 6-7 jam. Jika bervariasi, maka baterainya akan dapat bertahan hingga 9-10 jam.

Seagate Wireless Plus merupakan perangkat yang mudah digunakan, amat berguna, dan akan tetap relevan lebih lama dibandingkan gadget Anda yang baru dibeli. Harganya memang cukup tinggi, tapi kemampuannya cukup sepadan.

[table th=”0″]”Spesifikasi“;”Seagate Wireless Plus
Kapasitas;1 TB
Koneksi; USB 3.0, Wi-Fi
OS;iOS, Android, Mac OS, Windows XP ke atas
Aplikasi;SeagateMedia
Ukuran; 5 x 3,5 x 0,8 inci
Bobot;267 gram
[/table]
Back to top button