Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

JVC JY-HMQ30: Kamera Video 4K Pertama Dengan Mount Lensa Nikon

Bukan hal yang aneh jika produsen gadget dari merek berbeda berkolaborasi untuk menghadirkan produk gadget yang canggih. Dan itulah yang dilakukan oleh dua produsen asal Jepang, JVC dan Nikon, berikut ini. Keduanya berkolaborasi untuk kamera video 4K perdananya, JVC JY-HMQ30.

JVC JY-HMQ30-1

Kamera video ini hadir dengan sensor CMOS 1.25-inci yang mengemas 8.29 juta pixel efektif dan di dukung teknologi prosesor Falconbrid besutan Falcon Hybrid. Dengan teknologi yang diusungnya tersebut, JVC JY-HMQ30 mampu merekam video hingga resolusi 4K dengan metode yang sangat canggih dan inovatif. Sistemnya seperti berikut. Kamera video ini akan membagi satu frame ke dalam 4 bagian. Dan masing-masing bagian akan merekam video pada resolusi Full HD 1920x1080p ke 4 kartu memori secara terpisah dalam waktu yang sama. Lalu secara otomatis 4 bagian hasil rekaman tersebut akan digabungkan dan menghasilkan satu video beresolusi 4K. Sayangnya, sistem ini ternyata masih banyak kekurangan. Jika salah satu kartu memori rusak atau tidak merekam dengan benar, Anda tidak akan bisa menghasilkan video pada resolusi 4K. Sistem ini sepertinya digunakan untuk mengakali keterbatasan tingkat transfer data kartu memori.

JVC JY-HMQ30-2

Hadirnya mount lensa Nikon pada JVC JY-HMQ30 juga memiliki keuntungan tersendiri yaitu dapat menggunakan seluruh jajaran lensa Nikon. Namun, dampaknya kendali fokus dan pengaturan lainnya hanya dapat dilakukan secara manual. Tapi Anda pun tidak perlu khawatir. Jika menggunakan lensa yang tidak dilengkapi dengan pengaturan ring diafragma di bodi lensa, pengaturan secara manual dapat dilakukan melalui ring diafragma yang telah disediakan di bagian mount lensa.

Fitur lain yang dimiliki kamera video ini antara lain, JVC 4K Clip Manager yang dapat mengkonversi secara otomatis file video ke format Apple ProRes422 codec, Live 4K, output 60fps ke monitor eksternal atau portable recorder, merekam video time lapse pada format 4K, fungsi focus assist, dan dukungan input mic stereo XLR.

JVC JY-HMQ30 saat ini telah dipasarkan di Jepang dengan banderol harga sekitar US$18.000 dan belum ada info kapan produk ini akan tersedia secara global.

Back to top button