Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)News

Google Perkenalkan Sejumlah Layanan Baru di Google I/O 2013

Konferensi Google di Florida, AS, menghadirkan berbagai layanan baru Google maupun update dari layanan yang sudah ada. Di antaranya adalah Google Play Music All Access, Google Hangouts, Google Play Games serta Google Wallet.

googler_io_13

Tak dapat dipungkiri, Google sebagai perusahaan internet raksasa telah diakui dan digunakan oleh jutaan atau bahkan milyaran orang di seluruh dunia. Besarnya pengaruh Google bahkan sampai membuat rakyat Palestina berterima kasih karena perusahaan yang berbasis di AS tersebut mencantumkan negara jajahan zionis tersebut sebagai sebuah negara berkedaulatan penuh, alias diakui, suatu hal yang membuat geram Israel.

Karena itu, dapat dimaklumi Google terus berusaha mengembangkan berbagai layanannya agar pengguna setia mereka tetap setia dan bertambah banyak dari waktu ke waktu. Inilah empat layanan terbaru Google dari ajang Google I/O 2013 yang wajib Anda ketahui.

Google Play Music All Access
Google-Play-Music
Merupakan layanan streaming musik yang serupa dengan Spotify dan Rdio, di mana Anda dapat mendengarkan lagu dari PC atau device Android serta membuat semacam stasiun radio dari semua lagu yang sedang didengar. Salah satu keunggulannya adalah Anda bisa membuang lagu yang tidak disukai dari radio yang sedang didengar. Layanan ini juga dapat memberikan rekomendasi lagu apa yang bisa Anda dengar saat ini, selain fitur pencarian berdasarkan judul atau nama artis.

Sayangnya, Anda harus merogoh kocek untuk dapat menikmati layanan ini, yakni sebesar $9,99/bulan atau sekitar seratus ribu rupiah. Namun jika Anda mendaftar sebelum tanggal 30 Juni 2013, terdapat potongan $2 menjadi $7,99 tiap bulannya. Cukup mahal, ya?

Google Hangouts
hangout
Berbeda dari Hangouts yang selama ini Anda kenal di Google+, Google Hangouts merupakan layanan “gado-gado” alias kombinasi dari Google Talk, Google+ Messenger dan Google+ Hangouts. Fungsinya sebagai aplikasi chatting layaknya WhatsApp, WeChat, KakaoTalk, Line, ChatON dan sebagainya, namun tentu ditambahkan berbagai fungsi baru yang canggih. Seperti label obrolan dan emoji yang diklaim telah mencapai 850 karakter hasil goresan tangan, serta video chat hingga 10 pengguna.

Mengusung tagline “Conversations that last, with people that you love”, aplikasi Google Hangouts akan tersedia untuk Android, iOS dan peramban Chrome atau via GMail.

Google Play Games
google-play-games Google_Play_Game_Services_Launch_Titles copy
Jika Anda selama ini terbiasa menggunakan Google Play di Android, maka Google Play Games Services merupakan layanan baru dari Google dengan berbagai fitur yang akan mendukung aktivitas Anda dalam bermain. Seperti Cloud Save tempat Anda menyimpan data game agar bisa diakses lain waktu meski dari perangkat berbeda, dan Multiplayer agar Anda bisa mengadu keterampilan dengan teman-teman Anda di Google+.

Beberapa game yang telah mendukung fitur ini antara lain World of Goo, Super Stickman Golf 2, Beach Buggy Blitzh, Kingdom Rush, Eternity Warriors 2 dan Osmos. Diperlukan OS Android minimal versi Froyo untuk bisa menjalankannya.

Google Wallet
send_money-hero
Jika Anda mengetahui PayPal, maka Google Wallet mirip dengan layanan pembayaran itu. Canggihnya, dengan Google Wallet Anda dapat mengirim uang via email karena Wallet sudah terintegrasi dengan GMail. Tentu saja sebelumnya Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Wallet. Nantinya di GMail, Anda akan melihat simbol baru yakni $ yang terletak di samping menu format teks dan lampiran. Tombol itulah yang digunakan untuk mengirimkan uang Anda dengan tarif yang lebih murah dari PayPal.

Back to top button