Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

Western Digital Blue & Black SSHD: Hard Disk Tipe Baru Hanya Setebal 5mm

Perkembangan dunia media penyimpanan hard disk terus berlanjut dengan semakin mungilnya ukuran fisik dan semakin besarnya kapasitas yang ditawarkan. Nah, Western Digital menawarkan sebuah inovasi baru yang sepertinya akan menjadi standar baru di dunia komputer.

WDBlue_UltraSlim

WD Black SSHD adalah drive hibrida pertama Western Digital yang menggabungkan media penyimpanan berbasis solid-state dan platter dalam satu produk. Ukurannya sangat tipis, hanya setebal 5mm saja. Ini berarti tebalnya hanya setengah dari hard disk 2,5 inci yang biasa ditemukan di laptop. WD Black SSHD juga dilengkapi memori flash NAND sebesar 24GB dan juga merupakan produk pertama yang mendukung konektor SFF-8784 edge card, jenis konektor yang digunakan di perangkat dengan media penyimpanan internal seperti tablet dan smartphone. Western Digital juga mengumumkan WD Blue drive, yang memiliki ukuran fisik seperti WD Black SSHD, tapi tanpa tambahan memori flash.

Baik Blue dan Black SSHD mendukung SATA 3 6Gbps dan tetap mempertahankan ukuran 2,5 inci standar sehingga Anda akan menemuinya di laptop keluaran tahun ini. Kapasitasnya saat ini masih terbatas 500GB. Keduanya juga mendukung teknologi StableTrac (untuk mengurangi getaran dan menstabilkan piringan) dan Dual Stage Actuator (untuk meningkatkan akurasi posisi di atas track data) dari WD.

Sayangnya sementara keduanya baru tersedia untuk OEM, artinya konsumen awam belum bisa membelinya dan memasangkannya di komputernya masing-masing.

Back to top button