Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetReview

Review: Plantronics Voyager Legend

Berkendara sambil menelpon bukan saja berbahaya, tapi melanggar hukum. Agar tetap dapat berkendara dengan relatif aman, Anda dapat menggunakan headset Bluetooth. Di antara ratusan produk headset, Plantronics Voyager Legend yang kami review berikut ini hadir dengan paduan kualitas, fitur, dan desain yang inovatif.

Konsep dan desain
Ukuran Plantronics Voyager Legend memang tidak semungil headset Bluetooth yang banyak beredar saat ini di pasaran, tapi bobotnya sangat ringan. Cantolan telinganya juga sangat fleksibel dan dapat menempel di telinga dengan sempurna. Keunggulan lain, Voyager Legend tahan terhadap cipratan air sehingga Anda tetap dapat menggunakannya saat hujan gerimis.

Di bodinya hanya tampak beberapa tombol navigasi. Diantaranya tombol pengatur volume suara, tombol power, tombol untuk melakukan panggilan, tombol untuk masuk ke perintah suara yang juga berfungsi untuk mute dan play/pause ketika digunakan untuk mendengarkan musik. Seluruh tombolnya memang berukuran kecil, namun dengan penempatan yang cukup baik, Anda dapat menjangkau seluruh tombolnya dengan mudah tanpa perlu lagi melepas headset Bluetooth ini dari telinga.

voyager-legend

Headset Bluetooth yang mengusung model in-ear ini telah dilengkapi mikrofon dan memiliki fitur isolasi suara yang sangat baik. Plantronics Voyager Legend dapat dihubungkan ke dua perangkat dalam waktu bersamaan.

voyager-legend2

Performa
Kami menguji Voyager Legend dengan menghubungkannya ke tablet PC dan Smartphone. Pengujian pertama dengan tablet PC. Voyager Legend membantu kami untuk bernavigasi via GPS. Hasilnya cukup memukau. Suara perintah navigasi dari GPS dapat terdengar dengan sangat jelas walau kondisi jalan raya cukup ramai dan saya mencobanya sambil mengendarai motor. Untuk menjawab panggilan, performa mikrofonnya sangat baik. Di kondisi yang bising sekalipun, suara masih dapat terdengar dengan jelas oleh lawan bicara.

Yang menarik, jika ada panggilan masuk dari daftar kontak, maka nama pemanggil akan dibacakan oleh Voyager Legend. Ini sangat membantu mengingat kita tidak perlu melirik ponsel lagi. Dan jika ingin menjawab atau menolak panggilan telepon, Anda juga tidak perlu repot menekan tombol. Cukup suarakan “Answer” atau “Reject”, maka panggilan akan dapat dijawab atau ditolak. Kemudahan lain, Anda dapat langsung menjawab panggilan saat memasangkan Legend ke telinga.

Daya tahan baterai tergolong amat baik. Dengan daya tahan baterai yang diklaim dapat digunakan hingga 7 jam bicara atau 11 hari standby, Legend lebih dari cukup untuk kebutuhan rata-rata pengguna selama sehari atau dua hari. Jika ada kekurangan, kami rasa fitur Voice Command memiliki akurasi yang masih jauh dari sempurna. Ini cukup wajar mengingat pelafalan bahasa inggris yang memang harus tepat agar dapat dikenali oleh Voyager Legend. Secara keseluruhan, performa headset Bluetooth ini memang memuaskan.

Kesimpulan
Plantronics berhasil meramu sebuah headset Bluetooth yang memiliki fitur dan desain berkualitas tinggi. Bagi Anda yang menggunakan lebih dari satu smartphone, Voyager Legend juga dapat diandalkan untuk memperlancar komunikasi Anda. Dengan banderol harga Rp1.299.000, Plantronics Voyager Legend memang tidak ditujukan bagi semua pengguna. Namun bagi Anda yang membutuhkan headset Bluetooth keren dan handal, Voyager Legend patut dipertimbangkan

yangcanggih
+ Kualitas suara dan performa mikrofon sangat baik
+ Nyaman digunakan
+ Tahan cipratan air
+ Daya tahan baterai baik

yangkurang
Voice Recognition kurang membantu
– Harga premium

Back to top button