Quantcast
KomputerLaptopNewsTablet PCUltraportable

Lenovo IdeaPad Yoga: Ultrabook dengan Desain Inovatif dan Revolusioner

Dari berbagai elemen desain yang membentuk sebuah notebook, engsel merupakan salah satu yang terpenting. Apa jadinya jika engsel notebook Anda tidak bisa menahan layar saat dibuka? Perkembangan inovasi engsel ini memang bukanlah hal yang sering dibicarakan, mengingat fungsinya yang termasuk standar dan tidak perlu dijelaskan lagi. Namun bukan berarti tidak ada inovasi baru untuk engsel notebook.

Lenovo_IdeaPad-Yoga-13-Clementine-Orange-Closed-Cover

Lenovo IdeaPad Yoga13 merupakan contoh sempurna betapa inovasi satu elemen desain yang mendasar dapat memberikan pengalaman berbeda bagi para penggunanya. Lenovo menghadirkan sistem engsel ganda dari zinc alloy, bahan logam yang lebih fleksibel dan lebih kuat dibandingkan bahan engsel di notebook kebanyakan. Seberapa kuat? Lenovo telah mengujinya dengan menaruhnya di mesin yang memutar engselnya sampai 25 ribu kali.

Prototipe Yoga sebenarnya sudah muncul di tahun 2004 dan berhasil memenangkan Red Dot Design Award untuk kategori “Best of the best” di tahun 2005. Penghargaan tersebut diberikan mengingat Yoga berhasil menciptakan standar baru untuk inovasi dan kegunaan laptop. Begitu muncul Windows 8 dan layar sentuhnya, konsep ini lalu diwujudkan dalam IdeaPad Yoga.

Inovasi desain Yoga tidak berhenti pada engsel yang revolusioner, tapi berlanjut pada desain layar sentuhnya. Lenovo menggunakan sensor di kaca depan dan teknologi “direct bonding” yang menempelkan penutup kaca ke panel layar. Hasilnya, layar lebih tipis dengan pantulan cahaya yang lebih minim sehingga layar terlihat lebih terang dan lebih hidup.

Seperti Lenovo ThinkPad Twist, Yoga memiliki empat mode penggunaan yaitu Notebook Mode, Tablet Mode, Stand Mode, dan Tent Mode. Jadi Anda serasa memiliki empat perangkat hanya dengan memutar layarnya. Misalnya, putar layarnya sampai 360° dan Yoga menjadi tablet. Putar layar sampai 300° untuk masuk ke Tent Mode yang ideal digunakan membaca atau menonton video. Sedangkan bagi yang ingin melakukan presentasi, tinggal memutar Yoga 270°. Semua ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Tentunya kecanggihan dimiliki Yoga tidak terbatas di tampilan luar saja. Perangkat ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 dengan dukungan RAM 4GB DDR3 dan chip grafis Intel HD 4000. Untuk ruang penyimpanannya, disertakan SSD berkapasitas 128GB. Bagi yang membutuhkan kinerja lebih, tersedia juga Yoga dengan prosesor Intel Core i7. Dengan spesifikasi tersebut, Yoga mampu memberikan pengalaman Windows 8 yang amat baik. Lenovo IdeaPad Yoga13 dengan konfigurasi prosesor Intel Core i5 akan dipasarkan seharga Rp11.999.000, sementara konfigurasi dengan prosesor Intel Core i7 dijual di harga Rp12.890.000.

Lenovo IdeaPad Yoga 11
Lenovo IdeaPad Yoga 11

Lenovo juga menyediakan IdeaPad YOGA11 yang menggunakan sistem operasi Windows RT. Berbekal layar sentuh HD 11,6 inci, RAM 2GB DDR3, media penyimpanan berkapasitas 64GB (eMMC), Wi-Fi, Bluetooth 4.0, kamera HD 720P, koneksi HDMI serta prosesor Nvidia Tegra T30, YOGA11 siap menjadi teman kerja Anda yang handal. Menyunting dokumen kantoran atau browsing Internet dapat dilakukan seharian dengan nyaman. Selain mudah dibawa-bawa, YOGA11 juga tampil menawan dengan pilihan warna Silver Grey dan Clementine Orange. Anda bisa mendapatkannya seharga Rp8.990.000.

Satu komentar

  1. Pak Kristian, bagaimana dengan isu ghosting pada LCD lenovo Yoga ini, apakah sudah terpecahkan ?

    salam

Back to top button