Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

[CES 2013] Nikon 1 J3 dan Nikon 1 S1: Duo Kamera CSC dengan Continuos Shoot Tercepat Saat ini

Di awal tahun 2013 ini Nikon kembali melebarkan sayapnya dengan menambah anggota keluarga baru lini kamera CSC (Compact System Camera) miliknya yaitu Nikon 1 J3 dan Nikon 1 S1.

nikon s1

Keduanya hadir dengan tampilan dan desain yang nyaris serupa dengan menggusung layar LCD berukuran 3 inci di bagian belakang. Nikon 1 J3 dibekali sensor CMOS CX-Format beresolusi 14.2 megapixel dan Nikon 1 S1 hadir dengan sensor sejenis namun dengan resolusi 10.1 megapixel. Nikon juga melengkapi kedua kamera ini dengan prosesor Nikon EXPEED 3A yang menjanjikan kinerja pengambilan gambar lebih cepat pada resolusi tinggi dan kemampuan merekam video berkualitas HD.

Tingkat sensitivitas gambar atau ISO juga turut menjadi perhatian Nikon. Pada Nikon 1 J3, tersedia pilihan ISO dari 160 hingga ISO 6400. Sementara Nikon 1 S1 memiliki cakupan ISO mulai dari ISO 100 hingga ISO 6400. Jika terasa kurang, hadir flash internal yang dapat digunakan untuk membantu Anda mengambil foto di kondisi cahaya temaram.

Kedua kamera ini menggusung teknologi Hybrid Autofocus dengan sistem fokus 73-titik yang menjanjikan performa autofokus yang sangat cepat dan akurat. Hasilnya, performa continuous shoot kedua kamera ini mampu mencatat waktu 15 frame per detik dan menjadikan keduanya sebagai kamera CSC tercepat untuk saat ini.

Selain sangat cepat Nikon 1 J3 dan Nikon 1 S1 dirancang dengan antarmuka yang lebih sederhana. Ini bertujuan agar pengguna semakin mudah mengoperasikan kamera ini. Sederetan fitur inovatif juga dihadirkan untuk mempermudah Anda membidik foto dan mengasah kreativitas. Seperti misalnya Auto Mode, Creative Mode, Advanced Movie Mode, Motion Snapshot dan Best Moment Capture. Untuk mode kreatif, keduanya dilengkapi dengan pilihan efek seperti Selective Color, miniatur, Soft, Night Landscape, Backlighting dan Night Portrait modes. Pada Nikon 1 J3 juga telah dilengkapi dengan fitur Easy Panorama untuk menghasilkan foto panorama dengan sudut pengambilan gambar yang lebih lebar.

Dengan fitur Advanced Movie Mode, keduanya kini dapat digunakan untuk merekam video dan foto resolusi tinggi dalam waktu bersamaan. Dan yang paling menarik adalah fitur Best Moment Capture Mode. Dengan fitur ini pengguna dapat menikmati dua opsi fitur unik yaitu Slow View dan Smart Photo Selector. Pada opsi Slow View, tekan tombol shutter setengah, maka di layar subjek akan bergerak 5 kali lebih lambat dari kondisi normal secara berulang-ulang hingga shutter ditekan sepenuhnya. Dengan melihat gerakan yang lebih lambat tersebut, Anda dapat lebih mudah menghasilkan foto dengan momen yang tepat. Sedangkan untuk Smart Photo Selector, dengan sekali menekan tombol shutter kamera dapat menghasilkan 20 foto dan secara otomatis akan memilih 5 foto terbaik yang dipilih berdasarkan tingkat eksposur yang tepat, fokus, dan faktor pengenal wajah. Pintar kan?

Keduanya akan tersedia mulai bulan Februari 2013. Nikon 1 J3 dengan lensa 10-30mm dijual dengan harga US$599,95. Sedangkan Nikon 1 S1 sepaket dengan lensa 11-27.5mm akan dijual dengan harga US$ 499,95.

Back to top button