Quantcast
AplikasiWindows Phone

Nokia City Lens: Navigasi AR di Windows Phone

Nokia City Lens 1

Ketika 2 varian Nokia Lumia terbaru dirilis ke publik, banyak pihak yang penasaran dengan kinerja dan beragam aplikasi yang ditawarkan. Salah satunya adalah Nokia City Lens yang merupakan layanan berbasis lokasi dengan dukungan teknologi Augmented Reality (AR) dan terhubung dengan layanan Nokia Map. Layanan Nokia City Lens sebenarnya telah diluncurkan Mei 2012 lalu namun masih dalam versi Beta. Tetapi kini Nokia City Lens telah siap digunakan untuk memperkaya kemampuan Nokia Lumia terbaru.

Seperti telah diketahui bersama, AR merupakan teknologi baru pencitraan visual yang menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata secara real time. Misalkan ketika Anda membidik objek sebuah bangunan melalui viewfinder dari kamera, Nokia City Lens menghadirkan tampilan bangunan yang menyerupai keadaan sebenarnya berikut informasi nama lokasi yang berada di sekitarnya. Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih detail tempat tertentu di sekitar bangunan tersebut dengan sekali klik.

Nokia City Lens 2

Nokia City Lens sebenarnya sudah dapat dinikmati pengguna Nokia Lumia 900, Nokia Lumia 800, Nokia Lumia 710. Bahkan juga tersedia versi Symbian. Akan tetapi untuk Nokia Lumia 820 dan Nokia Lumia 920 yang telah menggunakan Windows Phone 8 Nokia mengembangkan fitur terbaru pada layanan Nokia City Lens. Dalam Lumia terbaru, Nokia City Lend menghadirkan icon 3D yang akan membuat pengalaman ber- augmented reality terasa lebih realistis.

Sementara itu permasalahan yang sering hadir pada aplikasi berbasis Augmented Reality yaitu ketidakmampuan menampilkan keadaan sekitar objek karena tertutup bangunan besar tidak lagi ditemukan pada Nokia City Lens Nokia Lumia terbaru. Dilansir dari situs resmi Nokia Conversation, pengguna layanan Nokia City Lens di Windows Phone 8 akan diberikan pilihan untuk melihat keadaan sekitar obyek dari sudut pandang tertentu. Sehingga bagian yang ingin Anda lihat bisa lebih jelas terlihat dengan memilih sudut pandang yang tepat. Nokia City Lens dalam Lumia terbaru juga bisa dinikmati dengan tampilan landscape dan portrait. Jadi makin penasaran nih dengan fitur-fitur canggih lainnya yang ada di Nokia Lumia terbaru.

Back to top button