Quantcast
NewsVisual

4DX: Teknologi Sinema Masa Depan yang Lebih Realistis

4DX 1

Baru-baru ini penduduk Jakarta kedatangan teknologi iMAX 3D yang menawarkan tampilan visual lebih besar dan nyata dibandingkan dengan layar bioskop 3D biasa. Hal tersebut memang sangat menyenangkan, tapi mungkin sebentar lagi hal tersebut bisa dibilang ketinggalan jaman. Baru-baru ini telah hadir teknologi baru dalam dunia sinema yang diberi nama 4DX.

4DX merupakan teknologi yang dibuat oleh CJ CGV, sebuah perusahaan ritel bioskop dari Korea Selatan. Teknologi 4DX menawarkan pengalaman efek 4 Dimensi pada film-film blockbuster Hollywood. Teknologi ini tidak hanya merangsang indera penglihatan saja, tapi juga merangsang indera perasa agar pengguna dapat mencapai sebuah pengalaman menonton yang lebih realistis.

4DX 3

Teater 4DX terdiri dari layar 3D dan kursi tempat duduk berteknologi motion seat (kursi yang dapat bergerak). Kursi tersebut telah diprogram secara khusus agar dapat sinkron dengan aksi-aksi di film. Sementara itu Anda juga dapat merasakan efek lain seperti cipratan air, angin yang bertiup, petir serta efek aroma yang akan mengelitik indera penciuman Anda. Sebagai ilustrasinya, jika menonton film Avatar di teater 4DX, Anda dapat merasakan kursi Anda bergoyang-goyang dan merasakan tiupan angin ketika sang jagoan sedang melakukan aksi terbang di udara melawan musuh-musuhnya.

Sebenarnya teknologi 4DX ini bukanlah hal baru, sebab di beberapa taman hiburan seperti Universal Studio telah menghadirkan teknologi ini pada salah satu wahana bermain mereka. Saat ini baru tercatat 29 bioskop 4DX di seluruh dunia dan CJ CGV berencana akan mengekspansinya menjadi 1500 bioskop hingga tahun 2016 nanti. Apakah teknologi ini akan mampir ke Indonesia? Kita tunggu saja tanggal mainnya..

Back to top button