Quantcast
Aksesoris Foto & VideoFoto & VideoNews

Robo-Cams: Sistem Robotik Untuk Dokumentasi Olimpiade 2012

robo cam 8

Olimpiade 2012 akan segera berlangsung di London pada tanggal 27 Juli 2012 nanti. Berbagai pihak dari media hingga atlet dari seluruh dunia turut serta mengambil bagian dari acara olahrga terakbar ini, salah satunya adalah kantor berita Reuters. Namun kali ini mereka menyiapkan sesuatu yang berbeda. Mereka membawa armada kamera robot canggih untuk mengabadikan aksi para atlet selama pertandingan berlangsung.

Mungkin Anda bingung dan bertanya-tanya apa itu kamera robot dan apa alasannya menggunakan kamera robot. Kamera robot sebenarnya adalah sebuah kamera DSLR biasa yang dilengkapi dengan sistem robotik untuk dapat dikendalikan secara nirkabel oleh sang fotografer.

Ide ini pertama kali dicetuskan oleh fotografer Reuters Pawel Kopczynski dan Fabrizio Bensch dan mulai dikembangkan sejak ajang Althetics World Championship pada tahun 2009 di Berlin. Teknologi tersebut kemudian diuji coba pada World Athletics Championship di Daego, Korea Selatan dan World Indoor Athletics Championship di Istanbul.

robo cam 2
Mengambil foto dari sudut yang ekstrim tidak lagi mustahil untuk dilakukan. sumber: REUTERS/Pawel Kopczynski (SOUTH KOREA – Tags: SPORT ATHLETICS IMAGE OF THE DAY TOP PICTURE

Teknologi robotik digunakan dengan tujuan yang cukup sederhana yaitu mengabadikan aksi para atlet dari sudut pengambilan gambar yang tidak pernah dibayangkan oleh para fotografer olahraga sebelumnya. Pada ajang Olimpiade kali ini, Reuters akan memasang sistem kamera robotnya agar dapat mengambil foto dari angle atas.

robo cam 11
Dengan bantuan laptop dan koneksi wireless fotografer dapat mengendalikan zoom lensa dengan joystick dan menekan tombol shutter dari jarak jauh.

Dengan bantuan teknologi wireless pada robot, fotografer dapat mengendalikan kamera dari jarak jauh dan hasilnya akan langsung ditransfer ke sistem olah gambar khusus buatan Reuters yang disebut Paneikon System. Gambar tersebut akan diolah oleh tim Reuters pusat sebelum dapat diberitakan segera ke seluruh pembaca di seluruh dunia dalam hitungan menit saja.

Back to top button