Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

Samsung EX2F: Kamera Prosumer Dengan Lensa f/1.4

Samsung EX2F 1

Samsung pertama kali memperkenalkan kamera saku prosumer miliknya pada tahun 2010 lalu lewat Samsung EX1. Kamera saku ini sempat menjadi sorotan karena lensa yang digunakan memiliki bukaan diafragma yang cukup besar untuk sebuah kamera saku. Melanjutkan seri kamera premium miliknya ini, Samsung merilis generasi kedua dari Samsung EX-series yaitu Samsung EX2F yang masih tetap mempertahankan lensa berdiafragma besar namun kini dilengkapi beragam fitur yang lebih inovatif.

Desainnya sekilas masih mirip dengan Samsung EX1. Bodi dari bahan magnesium alloy masih dipercaya untuk menawarkan ketahanan yang tinggi. Dipadukan dengan layar putar LCD AMOLED berukuran 3-inci, kamera saku ini tangguh sekaligus fungsional.

Samsung EX2F front

Pada bagian sensor, Samsung EX2F menggunakan sensor BSI (back-side illuminated) CMOS yang memiliki resolusi 12,4 megapixel. Sensor baru ini sepertinya akan lebih unggul dibandingkan sensor CCD 10 megapixel yang ada pada Samsung EX1. Namun, yang paling menarik dari Samsung EX-series tetap terletak pada spesifikasi lensanya. Jika Samsung EX1 hadir dengan lensa 24mm berdiafragma f/1.8, Samsung EX2F kini hadir dengan lensa wide Schneider Kreuznach 24mm berdiafragma f/1.4 dengan kemampuan optical zoom 3.3x (24mm f/1.4 – 80mm f/2.7).

Lensa tersebut telah dilengkapi ND Filter untuk membantu Anda menurunkan kecepatan shutter saat kondisi cahaya terlalu terang. Selain itu dukungan ISO hingga ISO 12800 dan bukaan lensa yang semakin besar, membuat Samsung EX2F semakin menjanjikan jika digunakan dalam kondisi minim cahaya. Satu lagi poin penting bagi Anda yang suka memotret di malam hari atau kondisi cahaya remang-remang.

Samsung EX2F juga handal dalam hal merekam video, dengan dukungan resolusi Full HD 1080p. Kemampuan merekam videonya tambah menarik dengan fitur Dual Capture yang dapat digunakan untuk mengambil foto saat pengambilan video sedang berlangsung.

Tidak hanya itu saja, fitur pintar lain hadir melengkapi kamera saku premium ini. Sebut saja fitur Dual IS (OIS dan DIS) untuk meminimalisir blur akibat tangan yang bergoyang, opsi kontrol manual dan memotret pada format RAW sama seperti kamera DSLR, serta konektivitas Wi-Fi yang didukung fitur Mobile Link, Remote Viewfinder, Email, Auto Backup dan kemudahan berbagi hasil foto ke berbagai akun jejaring sosial Anda.

Samsung EX2F akan mulai dipasarkan pada bulan Agustus 2012 dengan banderol harga US$549. Untuk pasar Indonesia, sementara belum ada kabar resmi kapan kamera ini akan hadir.

Sekilas fitur Samsung EX2F:
– Sensor: 12.4MP BSI CMOS berukuran 1,7″
– ISO: ISO 80-3200 dapat diekspansi hingga ISO 12800
– Lensa: 24 f/1.4 – 80mm f/2.7
– Video: Full HD 1080/30p
– Layar: LCD AMOLED 3-inci putar
– Fitur: Dual IS, Wi-Fi
– Ukuran: 112 x 62 x 29 mm
– Berat: 294 gram (termasuk baterai)

Back to top button