Quantcast
AplikasiBlackBerry

Masak Apa dan Sajian Sedap: Membuat Anda Jadi Koki Handal Berbekal Blackberry

Aplikasi yang bisa Anda simpan dalam Blackberry pegangan tidak harus seputar social network, aplikasi bisnis, atau promo diskon. Seiring dengan perkembangan beragam aplikasi yang diciptakan para developer, ada juga aplikasi yang bermanfaat membantu kegiatan sehari hari seperti memasak. Berikut adalah beberapa aplikasi yang mampu menyulap Anda menjadi koki handal walau tanpa pengalaman memasak sedikitpun. Asyiknya, semua aplikasi ini gratis loh.

Sebelum mulai memasak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan menu yang akan dibuat. Mencari menu sama saja dengan mencari referensi resep, untuk itu Anda bisa mengandalkan aplikasi karya anak negeri Masak Apa dan Sajian Sedap yang menyajikan resep Indonesia dan juga Internasional dengan pengantar bahasa Indonesia.

Aplikasi Masak Apa diluncurkan pada Juli 2011 lalu dan dipublikasikan oleh PT.Agranet Multicitra Siberkom (DetikCom). Dalam aplikasi ini, resep masakan dibagi atas beberapa kategori/tema seperti Resep ikan, resep camilan, Resep Untuk Berbuka Puasa, dan lain-lain. Dalam setiap resep berisi bahan, ukuran, serta cara membuat. Anda pun diizinkan mendownload resep jika ingin menyimpannya untuk diakses kapan saja dalam keadaan offline.

Masak Apa
Masak Apa

Serupa dengan apikasi Masak Apa, Sajian Sedap juga menyajikan beragam resep yang dikategorikan atas 6 kategori meliputi Masakan Utama, Pelengkap, Camilan, Dessert, Roti&kue, dan Minuman. Asyiknya, dalam aplikasi keluaran Gramedia Majalah ini Anda bisa mencari resep yang disesuaikan dengan bahan makanan tersedia. Contonya jika Anda hanay memiliki jagung dan wortel, maka ketik kedua bahan tersebut dalam box ‘Mengandung Bahan’ dan voila! aplikasi akan memberikan hasil beberapa resep alternatif untuk kedua bahan tersebut.

Sajian Sedap
Sajian Sedap

Jika mencari resep ‘sehat’ yang tidak mengganggu berat badan, aplikasi Spark Recipes mungkin bisa menjadi referensi. Dalam aplikasi ini tersimpan sekitar 200.000 resep sehat yang dikatakan ‘lose weight’ dan ‘save money’. Sebagai penunjang diet, dalam setiap resep juga diberikan informasi jumlah kalori dalam setiap menu tersebut.

Spark Recipes
Spark Recipes

Selain aplikasi Spark Recipes yang menghadirkan menu sehat internasional, dalam Blackberry Appworld juga tersedia aplikasi penyaji resep untuk menu dari negara tertentu. Seperti pengembang TechSoft Venture yang menghadirkan aplikasi berbagai resep dari daerah tertentu meliputi British Recipes, Chinese Recipes, Eastern European Recipes, French Recipes, Greek Recipes, Indian Recipes, dan Japanese Recipes.

TechSoft Venture Recipe Apps

Setelah resep dipilih, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bahannya. Seringkali ketika melihat contekan resep dari aplikasi non lokal ukuran bahan yang digunakan menggunakan standar internasional. Untuk itu Anda perlu meminta bantuan aplikasi Kitchen Converter. Dalam aplikasi ini, ukuran berat, volume, temperatur dan ukuran lain bahan makanan bisa dikonversi sesuai dengan kebutuhan.

Kitchen Converter

Menu yang Anda buat mungkin dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven. Jika oven yang digunakan masih oven kompor gas manual, maka Anda akan membutuhkan aplikasi Kitchen Timer yang akan membantu perhitungan waktu yang tepat sampai masakan benar benar matang.

Kitchen Timer

So…sudah tidak ada alasan kann untuk bilang ‘ngga bisa masak’.

Back to top button