Review Samsung GT-C3322: Candybar Dual ON Stylish

178

Tak banyak vendor global yang bermain di segmen ponsel dual on plus harga terjangkau. Samsung, vendor asal Korea Selatan yang akhir-akhir ini pamornya semakin melonjak, adalah salah satu di antara sedikit vendor tersebut. Yang terbaru, Samsung melepas seri GT-C3322, ponsel dengan desain yang menurut saya cukup elegan ini memiliki slot SIM card sebanyak 2 buah yang dapat aktif bersamaan, slot microSD, plus kamera 2MP dengan harga yang sangat terjangkau serta mampu bersaing dengan produk-produk sejenis yang dikuasai vendor lokal.

[tab:Konsep & Desain]

 

Paket penjualan GT-C3322 terbilang standar, seperti handsfree, baterai, kartu garansi, buku manual, charger selain tentu handset Samsung GT-C3322. Tak ada bonus microSD mengingat harga jualnya yang sudah sangat murah.

Mengambil konsep candybar alias batangan, GT-C3322 memiliki desain yang elegan dan minimalis. Pemilihan warna hitam yang membingkai layar dan beberapa softkey di bawahnya, serta warna metal di penampang tombol alfanumerik, membuatnya sama sekali tak nampak “murah”. Untuk membuktikan pendapat saya ini, saya mencoba mengajukan pertanyaan kepada orang-orang sekitar, berapa taksiran harga untuk ponsel ini? Rata-rata menjawab di kisaran Rp.700-800 ribu.

Casing belakang yang dihiasi motif 'dot'

Ponsel ini juga memiliki bobot yang sangat ringan. Penempatan jack 3.5mm di bagian atas memudahkan saya dalam mencolokkan earphone atau headset ketika memasukkannya ke dalam saku kemeja maupun celana. Port miniUSB sealigus pengisian baterai terletak tak jauh di sisi kanan atas, serta tombol ganti kartu yang sempat saya kira tombol kamera di bawahnya. Sedangkan lensa kamera terdapat di bodi belakangnya yang terbuat dari plastik bermotif dot agar tidak licin ketika dipegang, ditemani oleh speaker kecil.

Membuka casingnya, karena ponsel ini menganut konsep dual on, maka terlihat 2 buah slot kartu SIM di balik baterai. Sedangkan slot microSD terdapat di bagian atas dan bersikap hotswap, namun tetap terlindung di dalam casing tersebut.

Slot microSD yang bersifat hotswap

[tab:Menu & Tampilan]

Tombol ubah jaringan

Saat baru pertama kali melakukan start up, saya langsung dibawa ke pengaturan dual mode untuk mempersonalisasi beberapa pilihan seperti nama kartu pertama dan kedua, simbol yang akan digunakan, serta warna atau tema yang membedakan salah satu kartu sedang digunakan sebagai kartu utama. Sedangkan untuk berpindah di antaranya terasa sangat mudah dan cepat dengan disediakannya tombol dedikasi khusus di sisi kanan ponsel.

Homescreen GT-C3322 sendiri dibuat cukup interaktif dengan hadirnya “Smart Home”, semacam widget atau shortcut ke beberapa fitur pilihan yang dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan. Masuk ke menu, saya menemukan 2 halaman dengan total 22 pilihan fitur yang dapat diakses langsung seperti Musik, Internet, Pesan, File, Samsung Apps, Bluetooth Messenger hingga Facebook dan Aplikasi.

Tampilan GT-C3322 juga dapat dikostumisasi sesuai selera Anda. Termasuk mengganti ukuran huruf, tampilan nomor pemanggilan, hingga efek transisi menu. Tema yang tersedia ada tiga: biru, oranye dan hijau, digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengetahui kartu mana yang sedang dijadikan sebagai kartu utama.

Ukuran huruf atau karakter pada GT-C3322 cukup besar dan mudah dilihat oleh orang tua sekalipun. Apalagi jika menggunakan latar belakang putih, kegiatan menulis atau membaca pesan dapat berlangsung lancar. Apalagi bagi saya yang bermata normal.

[tab:Fitur & Aplikasi]

Beberapa fitur standar tetap saya jumpai di ponsel ini. Pemutar musik, misalnya. Selain dilengkapi dengan fungsi surround dengan bantuan headset serta tampilan player yang dapat diganti, pengaturan ekualiser juga terdapat di sini. Keluaran suaranya standar saja, baik dari speaker eksternal maupun didengarkan via headset. Selain itu, radio FM yang memiliki pengaturan kapan harus mati ini juga menyediakan fasilitas rekam siaran dengan format MP3 sehingga hasilnya cukup jernih. Meski harus mencolokkan handsfree sebagai antena, daya tangkap siarannya tergolong baik.

Game & Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang disediakan seperti Palringo, Windows Live Messenger, Yahoo!Messenger, dan Bluetooth Messenger. Yang terakhir disebut merupakan sarana untuk Anda agar bisa chatting dengan perangkat yang sama dalam jangkauan Bluetooth yakni 10 meter. Sedangkan untuk permainan, Samsung menyediakan 3 game trial yakni Bejeweled Twist, Roller Coaster NY dan Sudoku Master. Ketiga game ini memang dibuat khusus untuk GT-C3322 yang bisa dicoba dan dibeli seharga Rp.15 ribu dengan memotong pulsa Anda.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah Fake call, di mana Anda bisa merancang suatu panggilan palsu dari seseorang di waktu tertentu. Anda bisa mengatur nomor atau nama pemanggil dan jam berapa ponsel berdering. Fungsinya apalagi jika bukan untuk “menyelamatkan” Anda dari situasi tertentu.

Fake Call

Buat Anda yang masih keranjingan bersosialisasi di social networking, Samsung menghimpun berbagai launcher menjadi satu dalam Komunitas. Namun khusus Facebook dan Twitter, dapat juga Anda temukan di menu utama.

[tab: Fasilitas Backup]

Fitur backup ini saya rasa merupakan fitur yang inovatif dari Samsung karena jarang saya temui di ponsel dengan range harga segini. Dengannya Anda bisa mencadangkan data-data penting Anda seperti buku telepon, pesan, memo, kalender dan tugas. Proses backup dan restore (mengembalikan) ini pun sangat mudah. Terpenting, Anda memerlukan microSD untuk dapat memaksimalkannya karena data-data Anda akan disimpan di sana.

Mencadangkan data kontak & pesan

[tab:Kamera]

Lima tahun lalu mendapatkan ponsel branded seharga Rp.500 ribuan dengan kamera 2MP mungkin hanya impian. Pada era itu, ponsel seharga Rp.2.5 jutaan seperti Samsung SGH X700 pun baru ditanamkan kamera dengan resolusi 1.3MP saja. Ditambah pula tak seperti kebanyakan ponsel lokal, resolusi 2MP yang ditawarkan Samsung tentu saja “real” alias tanpa interpolasi.

Saya hanya mencatat pengaturan keseimbanagn putih saja yang disediakan Samsung, minus ISO dan efek-efek visual. Meski begitu ternyata Samsung menjawabnya lewat fasilitas editor gambar, di mana kita dapat mengubah efek menjadi lengkung, buram atau filter; mengatur pencerahan, kontras dan warna secara manual maupun otomatis, mengubah ukuran, memutar, membalik (efek cermin), mengerat (cropping), menyisipkan teks, bingkai, emotikon, klip atau gambar. Ini bahkan lebih lengkap dari yang biasa dapat dijumpai di pengaturan kamera!

Perekam video

Untuk beralih ke modus perekam video, Samsung memberi jalan pintas dengan menekan tombol ‘1’. Resolusi maksimal hanya CIF (176×144) di 15fps, namun yang menarik format yang dihasilkan sudah MP4. Hasilnya memang bisa ketebak, pecah dan kasar. Namun karena suaranya direkam dalam format MP3, maka hasilnya cukup jernih dan jelas.

Hasil foto dalam ruang

Hasil foto dalam ruang memberikan warna sedikit pucat, namun bukan berarti tak dapat diperbaiki. Alih-alih menggunakan kontrol AWB otomatis, Anda dapat memilihnya secara manual sesuai dengan warna obyek serta penerangan di lokasi.

Hasil foto dalam ruang

Sedangkan hasil foto di luar ruang mampu tampil sangat baik. Bahkan ketika saya mencoba memaksimalkan pembesaran digitalnya, tulisan pada rambu jalan yang saya foto masih dapat nampak cukup tajam dan tidak terlalu pecah.

Normal & 2x Digital Zoom

[tab:Kesimpulan]

Sayangnya, dalam versi yang saya uji tidak dilengkapi dengan profil internet operator lokal sehingga harus menambahnya secara manual. Meski begitu koneksi GPRS & EDGE kelas 10 cukup mampu diandalkan dalam membuka halaman sederhana, dan optimal untuk bersosialita.

Kehadiran Samsung Apps yang menyediakan konten-konten baik gratis maupun berbayar juga saya rasa cukup membantu penggunanya memperkaya wallpaper, ringtones hingga games yang mereka miliki dalam perangkatnya. Serta memori 45MB termasuk cukup luas untuk menampungnya, apalagi ada slot microSD yang bersifat hotswap hingga 16GB. Sedangkan untuk daya tahan baterai, ponsel mampu bertahan sekitar 2 hari untuk pemakaian normal.

Pros:
+ Baterai cukup awet
+ Kamera 2MP
+ Dual ON GSM
+ Memori internal cukup lega, dengan opsi ekspansi hingga 16GB
+ Desain elegan
+ “Smart home”
+ Fitur backup data
+ Harga murah

Cons:
– Tanpa tombol kamera
– Tanpa settingan internet operator lokal
– Semua game yang disertakan bersifat demo

Komentar

comments

178 KOMENTAR

  1. keypad saya kok menjadi hitam warnanya ya 🙁
    cara untu mengembalikan seperti semula bagaimana ??

  2. Gan mau tanya
    forfat yg bsa d putar d c3322 itu ap?
    klo 3gp masih pilih2…klo mp4 mlah g mau muter….
    saya anbil videonya d you tube…..

    pliss kk

  3. BAGAIMANA CARANYA MEMBLOKIR SMS MASUK DAN HP PASA PENGIRIM SMS MUNCUL SMS DITOLAK? UNTUK HP SAMSUNG GT-C3322. TERIMA KASIH

  4. di web ada spesifikasi FM Radio,tp saya cari2 gak ada di hp c3322 saya. gimana nyalain radionya??

  5. Gimana cara meng”offline”kan palringo indikator sinyal edge selalu muncul. Sim 1 pake smpti pulsanya tekor mlulu pdhl ga ngapa2in .tolongin sy bos

  6. juragan, palringo, windows live massenger ama yahoo! massanger bisa di apus dari GT-c 3322 gak? (bawaan pabrik g bisa di apa2in)

  7. Gan tolong bagikan cara buat hilangin tampilan smart home samsung GT C3322.
    tampilan walpaper lbh menarik..

  8. mau tanya untuk panggilan palsu tuh gimana ya caranya ga ngerti,,,,dan buat apa gunanya,,, mohon di jelaskan lebih terperinci dan detail

    • fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur agar seolah-olah ada panggilan yang masuk ke ponsel pada jam tertentu yang ditentukan, seperti saat memasang alarm. misalnya, Anda mau mengatur ada panggilan masuk dari telepon rumah, maka atur jam berapa panggilan palsu tersebut akan masuk, tentukan nomor rumah Anda dengan memilihnya dari buku telepon, misalnya, lalu simpan. pada jam yang ditentukan, Anda akan menerima panggilan masuk dari rumah yang palsu, karena jika diangkat tak akan ada bunyi apa-apa; Anda hanya tinggal pura-pura bicara saja.

      semoga cukup jelas, ya.

  9. samsung c3322 saya g bisa memutar video kiriman lewat bluetooth padahal formatnya mp4..kenapa ya? tolong dong..please..

  10. mas, kal bwat setting jaringan di HPnya gmn???
    pnya saya klo dpake bwat browser slalu gagal trus, ktanya “jaringan error” saya pake kartu IM3.
    Thank’s…

  11. Setuju dah. Tp aq kok bingung gmn cara mengaktifkan internetnya? coz aq pake internetan kok statusnya jaringan error. Tlg donk kasih caranya. terima kasih

  12. ada yang tau gak gmna cara ngrubah setting smsnya biar bisa nerima sms lebih dr 1 lembar??soalnya tiap trima sms lbh dr 1 lembar pasti tulisannya pesan tak lengkap…

    • lain kali, tunggu pesan masuk agak lama agar tidak terputus, jika pesan yang dikirimkan lebih dari 1 lembar. tidaqk ada setting atau pengaturan khusus untuk hal ini. namun pesan tidak lengkap bukan hanya disebabkan oleh ponsel, terkadang juga karena jaringan operator.

    • pnyQ jg sering gt..
      kalo uda lama ditunggu n tetep gak lengkap pesannya. Hapenya direstart aja. Matikan terus nyalain lagi..tar jd lengkap kq, kecuali utk beberapa pesan yg emng jaringannya pz jelek bgt

  13. siang gan. . mhon ilmunya bagaimana menjadikan hp samsung c3322 menjadi modem buat internet di laptop. download network wizardnya dimna gan? thanks y

  14. masuk ke apps (aplikasi) pilih bluetooth, klik option>setting>>>nahhh ada pilihan lagi on off
    ]

    met coba

  15. sekalian tanya mas,
    apakah HP ini multitasking?
    aplikasi java, YM, FB, operamini itu bisa untuk diminimize?

    • berhubung ponselnya sudah tidak bersama saya, maka saya akan mencoba menjawab “seadanya” yah. mohon maaf jika kurang memuaskan.

      1.kebetulan saya pengguna lama ponsel Samsung, dan memang jenis featured phone seperti ini biasanya memang memiliki notifikasi berlanjut, terutama untuk SMS. tapi sayangnya saya tidak bisa memastikan.
      2.sepertinya tidak bisa, ya.

  16. mas mau tanya.

    3322 apakah ada setingan untuk pengingat pesan dan pengingat telpon, jadi seandainya ada sms/misscall yang belum dibuka dia akan berbunyi terus sesuai dengan interval yang sudah ditentukan (biasanya HP samsung intervalnya sekitar 2/5/10 menitan)?

    urgent

  17. aneh, kenapa banyak yg komplin dan banyak yg bermasalah ya?
    pada hal aq pake nya termasuk klas berat, alias hampir gak istirahat itu hp, kecuali saat aq kerja aja istirahatnya. sampe sekarang gak ada masalah samasekali, internet pun sangat mudah dulunya, gak perlu kebanyakan setting. facebook lancar aja dgn 2 akun,, wlo gak bs dibuka bareng-bareng. tp C3322 sangatlah OK.

  18. Tanpa sengaja menghapus sms. Bisa gk ya di munculkan kembali. klo bisa gimana caranya ya ..
    makasih …

  19. mas kalau instal melalui hape ini kok selalu ada bacaan “jar tidak berlaku ”
    kalau ada yg tau caranya tolong beri tahu saya ,
    makasih,,

  20. mas help me…

    saya baru beli hp GT-C3322 …..masa sim 1 gak da jaringan gmn nih?
    kasih tau dun cara bvenerinnya

    • coba deh gunakan kartu GSM beda operator, karena bisa jadi tegangan pada kartu tidak kompatibel dengan ponsel Anda. namun jika ternyata masih tidak bisa juga berarti masalah ada pada handset Anda, jadi silakan bawa ke SSC terdekat.

  21. mas mw nanyaa hp saya samsung G-C3322 nek di taruh saku dipasangin handset ko kadang mati
    sendiri kenapa y mass?

    • bukan pengaruh headset saya rasa, namun tertekan tombol powernya hingga mati. meski keypadnya sudah dikunci, kemungkinan tersebut tetap ada.

  22. Bos mau ny nie..ane bru bli ni hp fiturnya oke tp bluetoothx gk mo hdup….,udh ane otk-atik gk bs2. Gmn crx y. thx

  23. kalo dipakai buka FB bisa, tapi cuma bisa buat bikin status aja. ga bisa dipakai komen, like/kirim pesan.
    masalahnya apa ya, trus gmn caranya biar bisa?

  24. need help ni bro…
    Hp ku C3322…
    1,5 bulan make lancar2 aja, malah makin kesengsem ma ni HP..
    eh.. 2 minggu ni Hp ane.. ngambek mulu
    sering mati sendiri, kesenggol lgsung mati, ke goyang mati juga, eh waktu ditaruh mati juga..
    mesti diapain ni Hp??? T_T

    • kalau saya lihat gejalanya (berasa dokter nih..:D) nampak masalah ada pada baterai yah, yang mungkin kendur sehingga sangat rentan terhadap senggolan. apakah pernah jatuh dengan keras? jika tidak, solusi termudah adalah membawanya ke SSC sambil membawa bon pembelian, mumpung masih dalam masa garansi.

  25. Mau nanya: bagaimana cara install atau memprogram GPRS & MMS di hp Samsung GT C 3322….kebetulan saya beli hp dg merk tersebut tp tdk bisa meng installnya. Saya mohon di bantu….makasih

    • seperti komentar yang sudah-sudah, bawa C3322 Anda ke SSC terdekat dan minta untuk di-flashing. karena setting manual GPRS/MMS secara manual kebanyakan juga tidak membawa hasil.

  26. Ini Review Nokia C2-00 vs Samsung C3322 di kaskus (Silakan Cek di kaskus)
    Nokia C2-00:
    – inet ok
    – tema bisa download
    – java ok
    – sms klasik/threaded, tak terbatas
    – os stabil
    – kamera vga

    Samsung C3322:
    – inet kadang susah konek
    – tema cuma 3 bawaan, gak bisa download
    – java terbatas
    – sms klasik, kapasitas 300 + 2 sim @ rata-rata 30 sms
    – blokir telpon/sms, panggilan palsu
    – kadang restart, apalagi kalau gak kuat buka java
    – kamera 2mp
    – proteksi sms, aplikasi, catatan

    Kebetulan Gua Pake C2-00, sementara Pacar Gue pake C3322, nih Review-nya (Pengalaman Pribadi) :
    1, Gua Pake C3322 Pacar Gua buat Internet sering Putus, masih Bagusan Nokia C2-00 Lebih Stabil
    2, Apalagi Install Java, Gampangan Nokia, Pacar Gua kalau Main Game Java lebih suka pake HP Nokia Gua
    3. Emang di Kamera Nokiem Kalah, tapi di Kalo Setel MP3 Nokia Jago-nya , 3322 = stel MP3 Cempreng kayak HP China = Beneran Payah ….. Pusing Kepala Dengerinnya

  27. nanya gan.. itu “smart home/widget/shortcut” bisa dihilangkan engga, termasuk logo operator bisa di sembunyikan ga.
    aplikasinya gimana, support java?

  28. baru beli samsung c3322 hari minggu 25 des 11 Rp. 535.000
    wah mantap jg HP ini, pas banget dg selera gw. kekurangannya: music player tampil ala kadarnya, tak ada indikator loading spti pd HP china. pake XP GPRS langsung terdetek otomatis tinggal ok/save-waktu pertama konek eror2 gt tp coba 3-4x sukses. sip tenan hp iki hehehehe…:D

  29. Gadget yang lumayan dari sisi fitur maupun harga. Untuk set internet juga terbilang mudah. Untuk kartu Simpati dan XL sudah ada pilihannya. Sedangkan saya memakai kartu Matrix, harus set secara manual dan sekarang keduanya lancar untuk berinternet meski terbatas di jaringan EDGE. Overall, mungkin bisa saya katakan ini best value mengingat harga & fiturnya.

  30. mas sya bru beli ni hp.mohon petunjuk cara setting internetnya y plisss…..td konternya aja ga bisa nyetting samsung

    • beberapa pengguna sudah melakukan setting internet, termasuk saya ketika me-review-nya langsung, namun tetap tidak berhasil. semua masalah pada ponsel ini bisa teratasi setelah di-flashing, termasuk parameter internet operator lokal yang nanti langsung tersedia (tinggal pilih). bawa saja ke SSC (Samsung Service Center) terdekat dengan membawa bukti pembelian.

  31. gan… mau tanya… ini hape baru 5 hari kok udah bermasalah ya… hape nya gk bisa di hidupin.. padahal udah aku charge… 🙁 mohon pencerahanya

    • @dimas
      Udah coba pake charger yang lain? Kemungkinan baterai atau chargernya gan. Kalau memang nggak bisa, langsung ke service center aja gan.

    • atau, seperti yang sudah-sudah, bawa ke SSC dan minta di-flashing. berbagai permasalahan pada seri ini bisa diatasi setelah flashing produk.

  32. kapasitas memori sms bisa sampai brapa ya? lalu apa mode ringtone-nya selalu ascending (pelan dulu baru keras) saat ada telpon masuk atau bisa diset agar langsung keras sesuai tingkat volume yg kita set di profil? salam buat teman kantornya yg dulu. hehehehe…

  33. pak tanya dunk.
    Ini kalo nrima sms dan telepon, gimana? apakah memang harus switch dulu? Misalnya kartu A sbg kartu utama, apakah dari kartu B, tidak bisa menerima sms dan telpon? mohon pencerahannya.
    Thx

    • tidak perlu kok. semua akan tergabung dalam satu folder Inbox secara otomatis untuk SMS, dan begitu pula untuk telepon yang masuk baik ke nomor petama maupun kedua. tombol pengalih (switch) hanya untuk memilih kartu mana yang dijadikan nomor utama jika Anda akan melakukan panggilan.

  34. Sama seperti Farizi, saya juga mengalami kesulitan mengaktifkan Internet dan facebook krn ternyata di HP ini tidak ada settingan operator GSM di Indonesia. Sementara HP-HP merk Cina sdh menyediakan lengkap setingan GPRS, tingal milih gak perlu repot2, dan juga setingan MMS-nya. Barangkali ini kekurangannya.

    • @farizi & jesayas: pembahasan mengenai sulitnya koneksi internet sudah didiskusikan pada komentar-komentar awal artikel ini. mudahnya, Anda cukup bawa unit Anda beserta bon pembelian ke Samsung Service Center terdekat dan minta untuk di-flashing. gratis kok. berhubung data-data Anda akan hilang, jangan lupa untuk melakukan back up dulu yah…

  35. mas mau tanya dong.
    cara aktifasi internet di hp samsung GT-C3322 tuh gmn ce?
    soale tiap mau internetan di hp pasti tulisannya jaringan eror,
    pdhl setting internetnya udh betul mas

  36. pak tanya dunx….warna pilihannya di hp ini apa saja ya?? hitam?? hijau? atau silver saja?? n setting internetnya gmn ya?? makasih

    • untuk pilihan warna memang hanya tersedia silver, sedangkan untuk setting internet lebih baik ponsel dibawa ke Samsung Service Center terdekat dan minta di-flash sesaat setelah dibeli.

  37. Assalamualaikum….

    T_T sedih bro, HP samsung GT 3322 yang keren itu hilang…
    padahal ada tracking mobile nya, tapi belum sempet di aktifkan!!!
    okelah, terima ajah…
    cuma ada caranya endak supaya HP aku itu endak bisa di pakai orang lain, seperti di block….
    mohon bantuanya bro…
    syukron
    Jazakaullahu khaer

    • wa’alaikumsalam wr.wb. wah, sayang sekali yah fitur yang menjadi harapan terakhir untuk melacak keberadaan ponsel kesayangan ketika hilang malah belum sempat diaktifkan.. 🙁 sepertinya tidak ada, karena kalaupun diblok bisa langsung direset dengan cara flashing. di’hadiahkan’ saja kepada yang mengambil supaya hati menjadi tenang. 😉

  38. Sy pengguna hp samsung GT-C3322, yang membuat kecewa adalah hp ini susah cari drivernya. Pernah coba pke samsung pc studio gk kedetect, begitupun pake driver samsung kies gk kedetect tipe hpnya. Alhasil hp ini susah dijadiin modem. Jd gimana caranya supaya hp ini bisa dijadiin modem, mohon dibantu Mas. Thank’s

  39. Best phone, dual sim…. Gw dsni mnemukan sdikit mslah saat mmbaca memory card, sma dgn kasus tmn2 yg laen.! Tp smua lncar.! Bnyak yg naksir dgn neh hp….

  40. kenapa kalo hp ini di masukin ke kantong celana bs mati sendiri, padahal kepypadnya dalam keadaan terkunci.
    sementara hp merk lain gak pernah begitu

    • kalau tidak salah cara membuka tombol keypadnya dengan cara tekan-tahan tombol (*) yah? hal yang Anda alami bisa saja terjadi karena letak tombol tersebut ada di kiri bawah yang biasanya tetap dapat terakses ketika kita duduk. apalagi jika Anda menggunakan celana denim (jeans).

  41. Micro sd merk V-GEN kapasitas 8 GB.Kejadian hanya terjadi ketika hp br dinyalakan trus yg tdk bs tampil semua hanya file gambar.contoh,sy punya file gmbr 200 item,yg bs tampil hanya 40 item.file gambar yg 160 item lg kemana mas?knp tdk bs ditampilkan semua.utk file yg laen tdk ada masalah,bs ditampilkan semua.trims ya mas utk bantuannya.!!

    • mungkin microSD yang Anda pakai kurang stabil digunakan pada Samsung GT-C3322. coba gunakan merek San)isk. masalah seperti ini pernah saya alami di ponsel Samsung X700 ketika membuka file MP3, namun penyebabnya berbeda. oh ya, pastikan juga nama file yang Anda miliki tidak terlalu panjang.

    • @Denie: Setahu saya (OS) bawaan Samsung emang sedikit ‘bermasalah’ dengan jumlah karakter file (file name). Dulu D900i & Genoa saya juga gitu.
      SOLUSI : bener kata agan Rtk Lee..usahakan rename file tidak lebih dari 52 bytes (52 karakter)

  42. Mas aku mau nanya,knp pas hp br dinyalain trus bk file saya ada keterangan”tidak bisa menampilkan semua file.melebihi 52 karakter tidak didukung oleh telepon”trus imbasnya ke gambar(tdk bs menampilkan koleksi gmbr yg ada di micro sd)tlng penjelasannya ya mas thnks 🙂

    • dear Denie. bisa diinformasikan menggunakan microSD merek apa dan kapasitas berapa? lalu itu ketika mau membuka file apa? mp3?

  43. Terimaksih banyak Mas, ga sia-sia aku mampir ke websaite yangcanghih.com ini.
    Aku suka website nya sederhana tapi maknyos dan pas dihati aku… keren abis.
    Sukses dan maju terus buat yangcanggih.com..

  44. O.. begitu ya.. kebetulan ini micro SD merk Vigen ( yang murah gitu he he he ).
    Terus merknya apa ya yang dimauin ama itu hp?
    Terimaksih

    • coba saja pakai San)isk atau kalau kebetulan “ketemu”, microSD merek Samsung. semoga setelah mengganti merek masalah yang serupa tidak ditemukan lagi yah..

  45. Mas, ko Samsung GT-C3322 tidak bisa membaca seluruh isi micro SD ya? (padahal micro SD nya cuma 4GB, kan katanya support nyampe 16 GB).
    Gimana caranya ya supaya seluruh isi microSD nya bisa kebaca ama Samsung GT-C3322?
    Ditunggu banget solusinya.

    Terimakasih banyak.

  46. ane dah belli nih dan sepertinya punya masalah layaknya pengguna lain, kaga bisa diinstall aps java. sepertinya besok ane bawa ke dealer samsung terdekat ..

  47. Assalamu ‘Alaikum…
    Mau nanya nih mas…
    Emang ruangan untuk aplikasi javanya hanya dibatasi sampai 6 MB saja ya mas…
    Terus, kira2 bisa diubah ke memory eksternal gak mas…
    Terima kasih…

    • wa’alaikumsalam wr.wb. betul sekali, pembatasan ruangan untuk digunakan dalam menginstal aplikasi-aplikasi Java ini sudah dilakukan sejak dulu oleh Samsung.

  48. nanya mas….hp c3322 saya buat internetan bisa tapi untuk face booknya sll gagal…tolong dong mas….
    untuk kabel usb ko susah bgt di pasaran ?

    • @khairul
      Facebookan gagalnya di aplikasi atau browser? operator apa? untuk dipakai Internetan yang lain bisa?

    • Dear Yunianto, berhubung saya sudah tidak memegang unitnya dan tidak ada keterangan resmi di situs Samsung Indonesia, saya hanya bisa menjawab perkiraan saja yah. ponsel-ponsel generasi terbaru Samsung biasanya bisa menampung hingga 200 pesan yang terdapat di inbox, outbox, draft, dll secara keseluruhan untuk ponsel entry levelnya. terima kasih, semoga membantu.

    • layanan bluetooth yang tersedia meliputi A2DP (koneksi dengan headset bluetooth mono maupun stereo) dan EDR (Enhanced Data Rate).

  49. Nambahin atas saya,
    untuk nginstall aplikari diatas 500 kb, ubah dulu OTA test nya.
    ketik *#52828378#, pilih ota test, maksimum memory ganti dari 500 kb jadi 1000/2000 kb,

  50. MAs, mau tanya.. Samsung yang ini bisa nggak kalo diisi Aplikasi lebih dari 1 MB (Aplikasi kamus bahasa inggris, dsb)? Kemudian kalau aplikasinya berasal dari file yang bukan download dari HP bisa dipasang atau tidak? Karena HP Samsung lama saya kalau mau install aplikasi harus download langsung dan tidak bisa kalo install dari file yang masih mentah.. Terima kasih..

  51. ini barang udah ada ditangan….
    tapi ga bisa setting up PROFIL INTERNET nya…
    pas mau masuk ke browser bawaan ato FB n TWITTWER, malh disuruh buat profil internet buat connect…
    tolong bantuin dong…
    ane pake telkoms*l sama Indos*t…
    makasih ya sebelumnya…

    • mungkin lebih baik di-flash saja. banyak kasus-kasus yang ditemukan pada Samsung seri ini terselesaikan setelah ponsel tersebut di-upgrade ke firmware terbaru. biasanya flashing tersebut juga akan membawa settingan internet lengkap operator GSM di Indonesia. silakan kunjungi SSC terdekat.

  52. bang, tau caranya konekin headset bluetooth ga di c3322?
    ane udah coba2, ga bisa ke detect headsetnya..

    • jika settingan operator sudah benar, mendapat sinyal GPRS dan pulsa mencukupi, kesalahan berarti memang terdapat pada ponsel Anda. di komentar-komentar terdahulu telah dijelaskan bahwa hal tersebut dapat diatasi dengan cara mem-flashing ponsel. namun ingat bahwa data-data Anda akan terhapus semua.

  53. Ini handphone yang “dual SIM dual ON / ACTIVE” atau “dual SIM dual STAND-BY”?
    Beda lho …

  54. kenapa c3322 gak bisa putar format mp3, 3gp, mau pun flv ? CUMA bisa mEMuTAR video yang hasil rEKaman kamera tersebut. mohon bantuannya ya 🙂

    • setahu saya format mp3 dan 3gp bisa diputar. untuk video 3gp tergantug resolusi video tersebut. misalnya, C3322 hanya mampu memutar maksimal ukuran CIF (176×244), maka video 3gp berukuran di atas itu seperti QVGA, VGA atau lebih tinggi lagi akan gagal diputar (keluar keterangan: format tidak didukung). begitu juga dengan lagu mp3. biasanya kecepatan bit yang masih mampu diakomodir adalah 128kbps, jadi di atas itu (misalnya 192kbps), ponsel tak akan mampu membacanya. sedangkan untuk video .flv, jangankan ponsel ini, smartphone pun tak akan bisa memutarnya kecuali menginstal aplikasi video player tambahan.

  55. Buat yg ga bisa di instal java, ga bisa unlock, bug bug lainnya, coba di flashing, kemaren baca trit di kaskus dengan masalah yg sama bisa diseleseikan dengan flashing

      • sekedar tambahan, bagi yang belum pernah “berkunjung” ke service center Samsung untuk melakukan flashing, yang Anda butuhkan untuk dibawa serta adalah bon pembelian ponsel. Anda akan didata untuk kemudahan pelayanan di kemudian hari, sedangkan bon pembelian digunakan untuk mengetahui masa garansi ponsel Anda. biaya untuk flashing adalah gratis, dan biasanya dapat ditunggu (atau Anda tinggal jalan-jalan dulu jika kebetulan SC tersebut berada di kawasan pusat perbelanjaan).

  56. gan mw tanya niieh harga yyg beredar dipasaran or dicounter-counter berkisar berapa untuk samsung GT-C3322,,,

    thx gan .. .

  57. gimana cara install file Jar di samsung GT-C3322, soalnya setiap install selalu ada bacaan “unduhan file tidak berlaku server tidak tersedia”…… mohon bantuannya gan….

  58. Gan ane mau tanya tombol kursor samsung c3322 itu memang ada lampunya atau g ada krn klo ane perhatiin kok g ada cahaya di bagian kursornya?

  59. mas mau nanya cara unblock adress gimna ya?? nomer temen aku ke blok sesuai alamat(bukan tolak)

  60. knpa yg org pada ribut pgn mcm2 fiturnya, utk seharga 500an ribu dah value bgt ni hape, merk terkenal,dualsimcard,kamera 2mp, edge, cocok buat dijadikan hape kedua

  61. bagaimana cara merubah tempat penyimpanan sms, yg ke setting kok sim card memory ya, tidak ke phone memory. karena saya baru mengisi satu sim card dan blm ada memory eksternalnya, apa ada pengaruh dari situ. mohon bantuannya…???

  62. kenapa ya hp samsung c3322 punya saya ini tidak bisa mendownload aplikasi java. padahal hp ini sudah support java kan.

    • biasanya kompabilitas aplikasi terbatas, tidak semua cocok di semua ponsel. pastikan juga memori mencukupi atau aplikasi yang diunduh tidak terlalu besar. memang keterangan ketika gagal melakukan instalasi apa, mungkin bisa diinformasikan?

  63. Mas, bisa ngga ya font di gedhe in, secara kesuluruhan? Trus photo contact?
    Saya tertarik membelikan untuk orang tua saya yang penglihatan sudah berkurang.
    Thx, Aji

    • biasanya sih ada pilihan untuk mengubah ukuran font secara umum dan pada message, namun untuk seri ini saya tidak bisa memastikan karena sudah tidak memegang produknya. mohon maaf mas aji.

  64. aq ada keluhan sama dg mas Hari, kq sering ngadat ya…dipake buat kirim sms gak bisa…
    takirain jaringan sim cardku yg lgi trouble…eh ternyata bukan…
    trs aq coba matikan trs nyalain lagi..bru bisa kirim sms..
    dan kejadian ini sering berulang…ketika gak bisa buat sms..aq matikan lgi trs nyalain lagi…hadu…msaka harus gitu teruss 🙁
    please advicenya donk…musti di service ato diapain nih..
    thanks

    • wah, ini sih “penyakit lama”. saran saya, coba ganti dengan kartu dari operator lain, apakah kejadian serupa masih terus berulang? karena kadang suatu SIM card bisa saja tidak cocok di sebuah produk, dan mungkin ini salah satu bugs yang terdapat pada C3322 (apalagi harganya memang murah). jika masalah masih berlanjut, berarti Anda harus mendatangi service center resmi Samsung dengan membawa bon pembelian.

  65. Mau tanya, kalo SIM1 dipakai telpon, apa SIM 2 masih bisa nerima panggilan masuk?? denger2 kalo Nokia X1 pada kasus yang sama, SIM 2 seolah2 tidak aktif. Thx

  66. HP bagus dengan harga terjangkau. Kamera & musik memuaskan, material casing & desain juga ok, keypad empuk banget. Akses internet walaupun hanya sekedar Edge tapi cukup lancar utk ngenet, Samsul memang sedikit pelit kalau soal fasilitas jaringan 3G atau HSDPA, sangat disayangkan memang. Inilah HP lawan tangguh real Nokiyem double SIM card, walaupun menang di kecepatan jaringan Edge tetapi over all spesifikasi HP Nokiyem double SIM card payah. Go Samsul keluarkan lagi HP mu yg lainnya.

  67. Gan mau tanya nih!!, ane kan mau beli tu HP,selain murah fiturnya juga gag kalah keren yah!!hhe ,,

    untuk batrenya paling enggak kuat brp hari kalo cuma buat sms an doang??
    n kalo untuk Themanya gimana???,bisa diganti2 enggak kyk diganti thema android,vista,aple dan laen2,???,apa itu themanya emang pilihan defaultnya cuma bawaan pabrik spt green/blue/orange doang???,
    blz ya Gan!! plizzz…, aq tunggu,hhe

    • wah, kalau pure untuk SMS-an saja mungkin bisa bertahan hingga 3 harian, karena memang cukup awet kok. untuk tema memang kita tidak bisa berharap lebih, hanya dapat menggunakan yang disediakan oleh Samsung. ngomong-ngomong kalau sudah beli, sharing di sini yah! 🙂

  68. Boz,,mau nanya kalau buka yahoo.com lewat operamini/ucweb/bolt dihape ni kok gak bz ya boz???kenapa ya boz…bz nya cuma lewat browser bawaan hp… thanks boz..

  69. ni hp bagus, cuman sayang aac decodernya jelek, jd kalo mo audio bagus harus pk mp3 yg biterate-nya 128 ke atas. padahal pk nokia x2 dengan codec aac 48 kbps aja dah bagus. jadi harus nambah memory deh. selain itu ga bisa ngejalanin video codec h264. kemaren beli di bec bandung 495k. nambah memori sandisk 4 giga 60k. di isi lagu 2 gigaan lancar2 aja. cukup puas….

  70. baterainya kurang awet,kira2 pake baterai apa ya supaya lbh awet…mgkn samsung tipe lain yg ukurannya sm tp mAH nya lbh tggi

  71. Om canggih, mo nanya koq di SELULAR online ditulis serinya Samsung E3322 ? Apa mmg beda kedua type ini om..? Thanks.

    • maksud Anda yang di sini yah? kedua tipe ini sama, kok. namun saya kurang tahu juga mengapa SELULAR online menulis tipenya berawalan “C”. karena kalau merujuk ke GSM Arena pun, tipenya memang “E”, sama seperti yang tertera pada kotak kemasan.

  72. bisa tidak nambah tema dari luar ?
    apa sudah fixed 3 itu ? (green/blue/orange)?

    btw, saya beli hp itu 485.000 + 50.000 buat microsd, total 535k
    murah banget :p

    terus apa memang size untuk games dan aplikasinya fixed?
    ndak bisa ngambil dari memory eks, cuma dari memory hp doang…, aplikasi yg do donlod otomatis masuk ke games&apps

    • Ya, untuk memori games dan aplikasi sudah fixed, jadi harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi atau game apa yang benar-benar kita butuhkan.

    • Dear Anaa, tema dapat diganti di menu pengaturan Dual SIM-card. Tema tersebut digunakan untuk mengidentifikasi kartu mana yang aktif sebagai default.

  73. gan ,. ane bisa kirim file via bluetooth,.tapi kok gak bisa receive ya,.mohon bantuannya gan

    • sayang Anda tidak menjelaskan lebih detil. biasanya untuk menerima berkas dari ponsel yang belum pernah terhubung, Anda harus melakukan pairing terlebih dahulu dengan memasukkan PIN yang sama pada kedua perangkat (PIN ini bisa hanya terdiri dari 1 karekter saja). lalu pastikan ponsel Anda dalam keadaan “terdeteksi” (discoverable) oleh perangkat lain agar dapat ditemukan.

      nah, jika kondisi sebenarnya adalah data sudah berhasil terkirim namun tak dapat Anda temukan, hal ini memang biasa terjadi pada ponsel Samsung kelas menengah bawah. permasalahannya ada pada kemampuan ponsel untuk “membaca & mengeksekusi” file yang masuk. misalnya Anda mengirimkan lagu, maka ponsel hanya akan memasukkannya ke dalam folder musik jika: 1.formatnya mendukung (mp3, amr, aac, dsb.); 2.bitrate-nya tidak terlalu tinggi (biasanya di kisaran 128kbps) – atau pada video, resolusinya tidak terlalu besar. jadi, jika Anda tak menemukan di folder yang semestinya, cari saja di folder “Other Files”.

      semoga membantu.

    • untuk ponsel Samsung, biasanya ada di satu sub menu tersebut kok. Mulai dari aktivasi, device pairing, nama Bluetooth hingga visibilitas.

  74. untuk Temanya bisa di ganti kah???
    dan untuk backup SMS nya apakah bisa di backup ke dalam komputer??? semacam PC suite nya gitu. Terima Kasih… 🙂

    • tema bisa diganti kok. Samsung menyediakan tema-tema yang digunakan untuk mengidentifikasi kartu mana yang sedang dijadikan default pada ponselnya tersebut. sedangkan untuk PC Suite, saya rasa untuk kisaran harga segini, wajar jika Samsung tidak menyertakan (CD) PC Suite. namun bisa saja sih kalau ingin mengopinya ke PC, toh data-2 kan di simpan di microSD. namun yah, tidak dapat dibaca melalui PC.

Comments are closed.