Quantcast
AndroidAplikasi

Google Wallet, Sulap Ponsel Menjadi Dompet

Google Wallet

Bersamaan dengan perkembangan teknologi NFC (Near Field Communication) yang menjadikan ponsel sebagai alat pembayaran, Google mengeluarkan aplikasi mobile terbaru Google Wallet yang diumumkan dalam blog resmi Google, yaitu GoogleBlog. Google Wallet membuat ponsel Anda bisa disulap layaknya sebuah dompet yang mampu membayar semua traksaksi yang diperlukan tanpa menggunakan uang konvensional.

Konsep yang dikembangkan dalam aplikasi Google Wallet adalah memudahkan Anda membayar dan menyimpan barang yang diinginkan, sementara pedagang menyediakan lebih banyak cara untuk menawarkan kupon dan program loyalitas kepada pelanggan. Tidak hanya itu saja, Google Wallet juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara perdagangan online dan offline. Mengingat semakin menjamurnya pedagang online dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

Dalam demo perdana yang dilakukan dengan merchant Citi, MasterCard, First Data dan Sprint, Google Wallet menyuguhkan kemampuan yang membuat Anda seperti menyembunyikan dompet di dalam casing ponsel. Karena dalam Google Wallet, Anda akan dapat menyimpan kartu kredit Anda, menawarkan, kartu loyalitas dan kartu hadiah, tapi tanpa bulk. Bila Anda menekan untuk membayar, telepon Anda secara otomatis melakukan transaksi pembayaran. Dalam setiap transaksi pembayaran yang berhasil, Anda akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan reward tertentu pada periode promo.

Dalam pengembangan aplikasi tahap awal, Google Wallet bekerjasama denganCiti MasterCard dan kartu prabayar Google. Aplikasi Google Wallet akan menyelesaikan transaksi di lokasi yang menerima pembayaran PayPass MasterCard. Google Wallet juga tersinkronisasi dengan berbagai penawaran atau promo dimana Anda dapat mengikuti promo tersebut melalui NFC di merchant yang berpartisipasi SingleTap ™, atau dengan menunjukkan barcode ketika proses check out. Untuk saat ini, beragam merchant mulai melirik kemampuan sinkronisasi ke Google Wallet mengingat penawaran yang dikeluarkan akan langsung tepat sasaran.

Aplikasi Google Wallet dibangun dengan ekosistem perdagangan terbuka, dan direncnakan akan mengeluarkan sebuah API yang akan memungkinkan integrasi dengan sejumlah mitra. Awalnya, Google Wallet akan kompatibel dengan Nexus S 4G oleh Google, tersedia di Sprint. Seiring waktu, aplikasi akan dikembangkan agar kompatibel untuk ponsel keluaran merek lain.

 

Back to top button