Quantcast
Tips

Tips: Menghemat Baterai iPhone dan iPad dengan Mematikan Multitasking

Anda sudah melakukan segala macam trik untuk bisa menghemat baterai iPhone/iPad mulai dari mematikan WiFi/Bluetooth ketika tak diperlukan, menurunkan brightness hingga ke level terendah, hingga mengaktifkan mode airplane Semua upaya sudah dilakukan namun semua itu masih belum bisa membuat Anda puas akan ketahanan baterainya. Jika begitu, mungkin Anda bisa menambah satu cara ini agar baterai bisa lebih irit.

Salah satu fitur yang membuat baterai terkuras habis adalah multitasking. Bagi beberapa orang, multitasking sangat perlu dan bahkan sangat membantu. Namun bagi mereka yang lebih mementingkan daya tahan baterai, tutorial ini pantas untuk dicoba. Syarat untuk bisa melakukan tips ini adalah handset Anda harus menggunakan iOS 4.3.x dan dalam keadaan jailbroken karena Anda harus mengunduh aplikasi iFile dari Cydia.

20110520-143156.jpg

Setelah iFile diunduh, buka direktori sebagai berikut:

Untuk iPhone 4:
Disk ? System ? Library ? CoreServices ? SpringBoard.app ? N90AP.plist

Untuk iPhone 3GS:
Disk ? System ? Library ? CoreServices ? SpringBoard.app ? N88AP.plist

Untuk iPod Touch 4G:
Disk ? System ? Library ? CoreServices ? SpringBoard.app ? N81AP.plist

Untuk iPod Touch 3G:
Disk ? System ? Library ? CoreServices ? SpringBoard.app ? N18AP.plist

Untuk iPad:
Disk ? System ? Library ? CoreServices ? SpringBoard.app ? K48AP.plist

20110520-143437.jpg

Backup file plst ini ke folder lain yang ada di iPhone/iPad. Anda bisa mem-backup-nya di mana saja, saya memilih folder Document dan juga di komputer sebagai antisipasi. Ini adalah langkah yang mutlak dan harus dilakukan agar Anda bisa kembali mengaktifkan multitasking.

Setelah itu, buka file tersebut dengan opsi Property List Viewer dan pilih Capabilities. Di situ, akan terlihat banyak sekali pengaturan-pengaturan manual yang bisa diutak-atik. Pilih Multitasking dan set ke OFF.

20110520-143446.jpg

20110520-143456.jpg

20110520-143501.jpg

Reboot iPhone/iPad atau cukup Respring dengan SBSetting jika ada dan multitasking tak lagi bisa digunakan. Buktikan dengan multitouch gesture 4 jari ke atas dan ke samping atau dengan memencet tombol home dua kali. Taskbar yang biasanya muncul dari bawah tidak lagi ada menandakan Anda sudah berhasil mematikan multitasking.

20110520-143508.jpg

Tak hanya menghemat baterai secara signifikan, trik ini akan mengurangi memori yang digunakan sehingga aplikasi-aplikasi yang membutuhkan memori besar bisa berjalan lebih lancar.

Untuk bisa kembali menggunakan multitasking, copy file yang sudah di-backup tadi, tumpuk ke direktori aslinya, dan Reboot atau Respring. Selamat mencoba.

Sumber

2 komentar

  1. wah tips ok ni, ternyata multitasking bisa bikin batre lebih cepat habis toh..:)
    selain cara tersebut bisa juga pake “ztoggle” dari cydia… bisa aktifkan dan non aktifkan multitasking dengan lebih mudah….

    1. @zartokek
      Bener banget. Pakai ztoggle juga bisa. Cuman cara di atas bisa jadi cara paling stabil buat mematikan Multitasking karena langsung dari akses root. Terkadang juga ztoggle tidak bekerja dengan baik pada beberapa iPad dengan beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari cara jailbreak hingga sebab-sebab yang belum diketahui

Back to top button