Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)Review

Review iTeleport iOS: Mengakses PC dan Mac dari iPad dan iPhone

Resize of IMG 5706

Apa jadinya bila Anda bisa mengakses PC, Mac, atau laptop di mana saja dan kapan saja? Hal tersebut tentunya akan sangat membantu apalagi jika semua hasil pekerjaan Anda berada di sana. Hanya dengan bermodalkan iPad dan koneksi Internet di antara keduanya, hal tersebut sangat mungkin dilakukan.

iTeleport adalah sebuah program VNC (Virtual Network Computing) untuk menghubungkan komputer dengan piranti iOS. Saat kedua perangkat tersebut terhubung, apa yang sedang dtampilkan di komputer akan terlihat di layar iPhone atau iPad dan Anda bisa mengontrol komputer dari situ. iPhone atau iPad Anda akan menjadi layar dan mouse mobile bagi PC, Mac, atau laptop.

Yang harus Anda lakukan hanyalah membeli dan menginstall iTeleport di iPhone atau iPad dan aplikasi iTeleport Connect untuk komputer. iTeleport memang cukup mahal dengan harga $24.99 namun fungsinya sangat terasa. Beruntung Anda tak perlu membayar lagi untuk iTeleport Connect sebesar 4.97MB. Aplikasi ini tersedia gratis dan bisa diunduh di www.iteleport.com.

Jika keduanya sudah diinstall, masukkan alamat email dan password di iTeleport Connect dan tab Internet di iTeleport di iPad/iPhone.

Resize of IMG 0861 Resize of IMG 0771

Sebenarnya email bukan hal mutlak untuk bisa menghubungkan komputer dengan iPad/iPhone. Namun email merupakan fitur yang paling mudah untuk melakukannya sehingga Anda tak perlu lagi mengatur berbagai parameter. Masukkan pula email dan password di iTeleport Connect di komputer.

Setelah terhubung, nama komputer akan terlihat di iTeleport dan Anda tinggal memilihnya untuk segera melihat tampilan komputer di layar iPhone atau iPad.

Resize of IMG 0772 Resize of IMG 0774 Resize of IMG 0775

Apapun yang tak bisa ditampilkan di iOS kini bisa dilakukan melalui iTeleport seperti bermain game Flash atau membuka web berbasis Flash, bahkan hingga mengedit gambar di Photoshop. Semua aplikasi yang ada di komputer bisa diakses di iPad atau iPhone. Lebih asyiknya lagi, dukungan kontrol multitouch gesture akan membuat aktivitas mobile Anda lebih nyaman.

Resize of IMG 0780

Jika koneksi internet Anda cukup mumpuni, kelancaran mobile desktop dengan iTeleport tak perlu lagi diragukan. Saya mencoba dengan koneksi 1Mbps di PC dan juga di iPad dengan hasil yang cukup memuaskan. Mungkin tak terlalu aktual karena masih ada sedikit hambatan seperti lag atau delay, namun secara keseluruhan, aplikasi ini masih bisa berjalan dengan baik.

Jika tidak ada internet, Anda pun masih bisa mengetik atau sekedar mengatur foto-foto hasil jepretan di komputer dengan iPad/iPhone sembari menikmati hidangan di meja makan rumah Anda. iTeleport mendukung sambungan melalui local network via Wi-Fi yang ada di PC maupun laptop Anda. Buka Advanced Setting di iTeleport Connect dan pilih tickbox No Internet Access. Kemudian, atur berbagai parameter di iTeleport.

Resize of kompi2 Resize of IMG 0859 Resize of IMG 0860

Anda bisa terhubung dengan beberapa komputer asalkan iTeleport Connect ada di komputer tersebut.

Layout keyboard masih khas Apple tapi ada keyboard tambahan yang memuat tombol Function dan Navigation. Jika terlalu merepotkan, Anda bisa menggunakan keyboard dock atau Bluetooth keyboard untuk iPad/iPhone.

Resize of IMG 0776 Resize of IMG 0778

Meski terdengar hebat, ada beberapa batasan yang tak bisa dilakukan di komputer melalui iTeleport seperti memutar audio atau menghidupkan komputer dalam mode sleep. Jadi pastikan Anda tidak mengaktifkan mode sleep pada komputer saat menggunakan iTeleport. Video yang diputar juga akan sangat lambat bahkan dengan koneksi yang sangat kencang sekalipun. Tapi tak perlu khawatir karena aplikasi ini akan selalu dikembangkan oleh iTeleport LLC sebagai pengembangnya.

Terakhir yang perlu diingat, aplikasi ini membutuhkan daya yang banyak dan akan menghabiskan baterai iPad atau iPhone dengan cepat. Jadi gunakan hanya saat benar-benar membutuhkan saja.

 

 

Back to top button