Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)NewsTipsWindows 10

Tips : Cara Mendapatkan eBook Gratis dan Legal

Mendownload eBook gratis bisa dibilang susah susah gampang. Jika Anda mengetik keyword untuk free eBook sebuah judul buku, browser sering kali menyuguhkan sekian banyak link dengan file yang katanya sesuai dengan yang Anda cari. Hal ini akan menyulitkan, mengingat menemukan file eBook gratis yang ‘benar’ tanpa harus dibohongi oleh sang uploader bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi isi file eBook hanya bisa dilihat dengan mendownload lalu membukanya. Kalau isinya bohong masing mending, tetapi akan fatal jika isinya virus yang mampu menyerang komputer Anda.

Ingin mendapatkan sumber website yang menawarkan file eBook gratis? Yangcanggih.com akan memberikan contekan sumber eBook gratisan sebagai berikut :

Project Gutenberg

Project Gutenberg

Project Gutenberg merupakan kakek moyang dari situs eBook gratisan. Diprakarsai oleh Michael Hart dengan koleksi asli yang terkenal tahun 1970-an. Michael Hart membuat beragam buku kecil yang diketik tangan Hart untuk mendigitalkan karya sastra klasik. Sejak saat itu proyek ini telah berkembang sangat banyak dan sekarang berisi 33.000 buku dan dokumen dalam domain publik. Anda tidak akan menemukan koleksi klasik terorganisir yang lebih besar atau lebih baik di situs internet internet manapun selain di Project Gutenburg. Semua buku di Proyek Gutenberg gratis, hukum, dan tersedia dalam format ePub, Kindle, HTML, dan dokumen teks biasa.

Kunjungi link http://www.gutenberg.org/wiki/Main_Page untuk melihat dan mendapatkan file eBook koleksi buku klasik populer.

ManyBooks.net

ManyBooks

Jika Anda menyukai ide massive indeks dalam skala besar di publik domain pada Project Gutenberg tetapi kurang menyukai interface ‘spartan style’ dan daftar hanya dalam bentuk teks, maka situs ManyBooks adalah alternatifnya. Pada dasarnya ManyBooks merupakan cerminan Project Gutenberg dengan beberapa lapisan tambahan di bagian atas index. Tambahan yang mencakup detail lebih terperinci untuk setiap buku meliputi ringkasan, cover art, review buku, dan pilihan format yang lebih banyak dengan lebih dari 20 format digital untuk masing masing judul. Manybooks bisa dibilang sebagai type modern Project Gutenberg dengan format digital pilihan LIT, LRF, epub, MOBI, PDF, dan banyak lagi.

Kunjungi website http://www.manybooks.net/ untuk mencari buku dengan informasi yang lebih detail.

DailyLit

DailyLit

DailyLit mengambil pendekatan baru untuk mendapatkan ebooks. Pendekatan yang diambil mengacu kepada novel serial. Hal ini mengingat dalam dekade terakhir, majalah, surat kabar dan juga buku menghadirkan sebagian besar fiksi populer, dalam bentuk seri buku dibagi menjadi segmen kecil. DailyLit tidak menawarkan seluruh buku untuk di-download langsung. Mereka mengambil model email dan RSS. Anda memilih buku, mereka mengirim sepotong setiap hari, untuk Anda baca dan menikmatinya dengan sedikit iklan kecil yang terpasang di dalamnya. Komersial memang, tetapi mungkin memang itulah cara mereka mendapatkan penghasilan. Sebagian pembaca memaklumi, mengingat mereka mendapatkan buku digital secara gratis. Tetapi ada juga yang tidak suka dan lari mencari sumber eBook gratis lainnya. Tetapi jika menyadari ribuan judul buku yang dimiliki dalam koleksi DailyLit maka iklan kecil rasanya tidak masalah.

Cek koleksi buku website DailyLit dari alamat URL http://www.dailylit.com/

FeedBooks

FeedBooks

FeedBooks merupakan toko online ebook biasa dengan tampilan yang juga biasa. Tetapi bagian yang menarik adalah buku-buku yang disediakan dalam domain publik mereka merupakan buku asli. Selain itu, mereka memiliki koleksi ribuan novel, cerita pendek, dan koleksi puisi. Semua FeedBooks ebooks dalam format epub. Cari novel favoritmu dari website http://www.feedbooks.com/

Amazon’s Free and Discounted Section, Nook ebook store, Sony Reader ebook

Amazon Free

Ketiga sumber ini memang memiliki jumlah koleksi eBook yang sangat banyak. Bahkan Amazon telah memiliki lebih dari 15.000 buku domain publik. Seringkali ketiga sumber ini memiliki promo download buku gratis atau dengan harga miring. Tetapi permasalahannya adalah kompatibilitas format yang disediakan hanya untuk PC dengan kindle software, atau untuk device Book reader, Android dan perangkat canggih lainnya. Tidak bisa didownload begitu saja. Tetapi jika Anda menggunakan software book reader atau perangkat yang kompatibel, kunjungi Amazon Free, Nook ebook store dan Sony Reader ebook.

Selamat membaca ya!!!

3 komentar

Back to top button