Quantcast
AplikasiSymbian

Tips: Buat Aplikasi Symbian dalam 5 menit dengan Ovi App Wizard

Bagi blogger atau pemilik sebuah situs web yang ingin memberikan kemudahan akses mobile bagi para pembaca Anda, berikut tips yang sayang jika dilewatkan. Data menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna Internet di Indonesia mengakses Internet melalui ponsel. Jadi, jika Anda menyediakan aplikasi web di ponsel, maka para pembaca tersebut akan lebih mudah mengakses web atau blog Anda. Update terbaru akan dihantarkan langsung ke layar dalam bentuk widget yang membutuhkan koneksi Internet aktif) sehingga tak perlu lagi repot-repot membuka web browser hanya untuk melihat apakah ada artikel baru atau tidak.

Mungkin problem terbesar akan muncul jika Anda bukan programmer atau web developer. Problemnya adalah tentu saja bagaimana membuat aplikasi yang bisa sesuai dengan jenis ponsel, dan kemudian dimuat kedalam application store tersebut, agar bisa didownload oleh pengguna?

Nokia menyediakan solusinya dalam bentuk Ovi App Wizard. Hanya bermodalkan RSS feed dari blogsite atau Twitter page anda, aplikasi mobile bisa langsung dibuat melalui sebuah wizard yang mudah dipakai, bahkan tanpa pengetahuan programming sedikitpun! Setelah aplikasi ini disetujui, maka para pembaca akan dapat mendownload aplikasi tersebut dari Ovi Store yang bisa diakses dari ratusan tipe ponsel Nokia. Menariknya lagi, dengan satu langkah ini, aplikasi yang di-generate akan langsung sesuai dengan berbagai platform ponsel Nokia seperti java apps untuk platform S40, widget untuk Symbian S60, Symbian ^3. Jadi tak perlu repot membuat satu aplikasi untuk tiap platform atau jenis ponsel. Yang paling mengejutkan, Nokia tidak memungut biaya sepeser pun alias semua fasilitas ini diberikan tanpa biaya apapun alias gratis tis tis tis..

8 Langkah Mudah:

Ovi app wizard beta homepage 1

1. Persiapan : catat RSS feed address dari blog atau website Anda. Biasanya dalam format atau jika sudah didaftarkan feedburner.com akan berupa link feedburner. 1. Masuk ke www.oviappwizard.com
Dalam halaman ini, klik gambar “Get Started”

Ovi app wizard beta step 1

2. Ketik atau copy paste RSS feed address yang telah disiapkan tadi pada field yang tersedia, kemudian klik “Preview”. Ingat, URL yang dimasukkan harus berupa URL dari RSS feed, bukan URL website.

3. Pada saat preview, di sebelah kanan akan tampil emulator ponsel yang akan menampilkan preview basic dari aplikasi mobile yang sedang anda buat. Dengan Ovi app Wizard, dalam satu aplikasi, kita bisa menampilkan hingga 4(empat) channel feed, yang nanti bisa dipilih oleh user. Apabila ada RSS feed lain yang ingin ditambahkan, masukkan saja ke dalam field yang tersedia. Setelah itu, klik “Next Step”.

Ovi app wizard beta step 2

4. Halaman berikutnya, adalah wizard untuk meng-customize aplikasi anda, baik dari logo, judul aplikasi, warna link, background.

* “Application Name” : Nama aplikasi yang akan ditampilkan dalam menu ponsel anda nantinya.
* “Application Icon” : Ikon untuk aplikasi Anda. Klik pada icon tersebut, kemudian popup akan muncul dan Anda tinggal memilih file image yang akan diupload. Tak perlu cemas jika ukurannya terlalu besar, karena nanti Anda bisa melakukan cropping image sesuai kebutuhan. Setelah OK, klik “Next”
* “Channel 1 name” : Judul dari channel RSS feed yang anda tampilkan. Apabila memasukkan lebih dari 1 RSS feed pada langkah ketiga , maka akan ada field untuk mengedit nama channel tersebut.
* “Logo and logo background color” : dengan cara yang sama saat mengupload icon diatas, Anda bisa mengupload image untuk dijadikan logo yang akan muncul sebagai banner di bagian atas di aplikasi Anda. Warna background juga bisa disesuaikan di sini.
* “Frame Background and text color” : Anda bisa memilih kombinasi warna antara background dari title dan juga warna textnya. Atur kontrasnya sehingga mudah dibaca
* “Application Language” : sesuaikan bahasa dengan aplikasi Anda.
* klik “Next step” apabila telah selesai

5. Di langkah selanjutnya, Anda harus mengisi disclaimer dan melakukan pendaftaran account sebagai Ovi Publisher.

6. Pada halaman berikutnya setelah selesai registrasi, Anda bisa mendapatkan uang dari traffic ke website . Syaratnya Anda harus telah menjadi member dari penyedia layanan iklan tersebut. Kalau anda tidak tertarik pada layanan ini, klik “next step”

7. Langkah berikutnya adalah mengisi deskripsi dari aplikasi; keyword, kategori, area distribusi, lalu klik “Finish”

8. Aplikasi tersebut akan tampil pada “Dashboard”, yang lalu bisa diedit, ditampilkan di emulator, atau dicoba diinstalasi di ponsel Nokia Anda dengan cara : klik “Install” , catat URL tersebut dan buka melalui browser ponsel Nokia Anda, kemudian download aplikasi yang baru selesai dibuat. Setelah mencobanya dan sesuai dengan keinginan, Anda bisa klik “submit to Ovi Store” agar aplikasi tersebut dievaluasi.

Dalam waktu 1-2 hari, Anda akan mendapatkan email dari OviStore mengenai status aplikasi anda.

Selamat Mencoba

Back to top button